Anstisipasi Banjir, Kodim Kendal Bersihkan Kali Buntu

KMP - Guna mengantisipasi terjadinya banjir akibat tingginya intensitas curah hujan, Dandim 0715/Kendal Letkol Inf Piter Dwi Ardianto mengajak anggota prajuritnya melakukan bersih-bersih Kali Buntu, Jumat (12/5). 

Kegiatan kali ini dikenal juga sebagai kegiatan Program Kali Bersih (Prokasih). Selain itu, pelaksaan bersih-bersih kali juga menjadi rangaian menghadapi penilaian Adipura Kabupaten Kendal.

Dengan menerjunkan kekuatan prajurit sebanyak 1 SSK dibantu masyarakat dan pelajar, prajurit langsung melakukan aksi menyusuri Kali Buntu sekaligus untuk membersihkan bantaran kali di sepanjang jembatan Purin sampai dengan jembatan RSS.

Program bersih sungai/kali ini merupakan program yang dicanangkan oleh Pemerintah dan TNI mengingat perubahan iklim tahun ini sangat ekstrim dengan curah hujan yang tinggi kerap menjadi penyebab banjir. Sementara itu jika sistem drainase dan keberadaan sungai tidak selalu dijaga kebersihannya maka bencana banjir akan menjadi bom waktu bagi masyarakat khususnya di bantaran Kali Buntu.

"Saat ini intensitas curah hujan belum terlalu signifikan, oleh sebab itu kami Kodim 0715/Kendal bersama-sama dengan Instansi terkait dan masyarakat membersihkan sampah/semak di Kali Buntu, agar kali tidak mengalami pendangkalan," tegas Dandim Kendal.

Ditambahkannya, dengan diadakannya kegiatan bersih-bersih tersebut, masyarakat sekitar dapat mencontoh dan menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan.? "Apabila lingkungan bersih, tentu kesehatan masyarakat dapat terjaga, selain itu bencana banjir dapat kita hindari," sambung Letkol Piter.  (KMP-1)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Anstisipasi Banjir, Kodim Kendal Bersihkan Kali Buntu"

Posting Komentar