Babinsa Kalasan Berkomitmen Lestarikan Jemparingan

KMP - Jemparingan merupakan seni memanah tradisional gaya Mataram. Seni memanah ini pada beberapa tahun belakangan mulai marak di kalangan masyarakat Yogyakarta sejalan dengan kesadaran masyarakatnya untuk melestarikan budaya peninggalan para leluhur.

Tak ketinggalan, Babisa Koramil 08/Kalasan Serka Purwanto turut tergabung dalam Paguyuban Jemparingan Rebo Sonten (JRS) di wilayah Tamanmartani, Kalasan. Bahkan, Serka didaulat menjadi ketua paguyuban tersebut.

Sebagai bagian dari upaya melestarikan warisan leluhur, serka Purwanto serta beberapa anggotanya rutin berlatih. Menurutnya, seni memanah tradisional ini sangat unik karena masih mengutamakan tata cara dan budaya tradisional.

Jemparingan dilakukan dalam keadaan posisi duduk dan para pemanah memakai busana adat. Kegiatan latihan panahan Jemparingan Mataram di wilayah Kecamatan kalasan rencananya akan diadakan setiap satu minggu sekali.

Serka Purwanto berharap generasi muda yang ada di Kalasan mampu dan bisa melestarikan budaya yang merupakan tradisi dari prajurit keraton. Selain itu pula nantinya diharapkan akan muncul atlet panahan dari wilayah kecamatan Kalasan. (KMP-2)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Babinsa Kalasan Berkomitmen Lestarikan Jemparingan"

Posting Komentar