Dandim Wonogiri Dukung Penanaman Padi Organik


KMP - Program peningkatan dan penguatan swasembada pangan terus gencar dilakukan TNI. Bahkan penanaman padi organik di wilayah Wonogiri mendapatkan dukungan penuh dari Komandan Kodim (Dandim) setempat.

Sebagaimana dilansir dari Suaramerdeka, Dandim 0728 Wonogiri, Letkol Inf Basuki Sepriadi meminta agar keberhasilan uji coba penanaman padi organik dapat dimasyarakatkan ke kalangan petani di Wonogiri. Tujuannya yakni untuk ikut mendukung swasembada pangan.

"Saya minta, para anggota Babinsa dapat ikut membantu memberikan pengarahan kepada para petani," tegas Dandim.

Uji coba penanaman padi organik memang sudah dilakukan baru-baru ini dan dipimpin langsung Dandim Wonogiri bersama para pejabat Forkompimca (Muspika) Purwantoro. Uji coba berlangsung di areal sawah milik Widodo yang berada di Blimbing RT 1/RW 1, Kelurahan Purwantoro atau 50 Kilometer arah timur Kota Wonogiri.

Danramil Purwantoro, Kapten (Kav) Subagyo, menambahkan, padi organik yang ditanam adalah benih padi varietas Infago Unsoed-1. Penanamannya dilakukan di areal Demplot (Demonstrasi Plot) milik anggota Kelompok Tani (Klomtan) ‘Ngudi Makmur’ pimpinan Sarji Sartono.

Penerangan Kodim (Pendim) 0728 Wonogiri, Letda Inf Nurhadi, mengungkapkan budidaya padi organik varietas Infago Unsoed-1 ini dilakukan dalam upaya mendukung pelaksanaan program swasembada pangan nasional di Kabupaten Wonogiri. Metode penanamannya memakai sistem Jajar Legowo (Jarwo), menggunakan pupuk organik Magarizo, di lahan sawah seluas 0,5 Ha.

Sementara itu Ketua PPL Sudiyana, menyatakan, hasil ubinan dari budidaya ujicoba padi organik di Demplot seluas 0,5 Ha tersebut, diperoleh angka penan 5,3 ton. Disebutkan, vartietas Infago Unsoed-1 memiliki kelebihan tahan terhadap serangan hama dan penyakit.

Malai (ulen) lebih panjang dari padi varietas lain (23-25 Cm). Rata-rata setiap 1 malai, dapat mencapai 200 butir gabah. "Kalau padi varietas lain, yang dibudidayakan memakai pupuk kimia, satu malai rata-rata hanya mencapai 130-125 butir gabah," tutur Sudiyana. (KMP-4)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Dandim Wonogiri Dukung Penanaman Padi Organik "

Posting Komentar