Danramil 01/Jetis Laksanakan Pembinaan Linmas

KMP - Perlindungan masyarakat (Linmas) adalah warga masyarakat yang disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana guna mengurangi dan memperkecil akibat bencana, serta ikut memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat, serta kegiatan sosial kemasyarakatan di desa.

Berkaitan dengan hal tersebut, Danramil 01/Jetis Dim 0734/Yogyakarta Kapten Inf Abdul Latief, Senin (15/5) melaksanakan pembinaan serta pelatihan terhadap anggota Linmas inti dari Kecamatan Jetis. Kegiatan dilakukan guna meningkatkan kemampuan Linmas, serta memperkuat sinergitas kemitraan antara Linmas, Koramil serta Polsek.

Dalam kesempatan tersebut, Kapten Latief memberikan beragam materi, diantaranya baris-berbaris, kedisiplinan, wawasan kebangsaan, cinta tanah air dan bela negara. Diharapkan setelah dilakukan kegiatan ini para anggota Linmas lebih aktif merespon keadaan dan ancaman lingkungan di wilayah masing-masing dan melaporkan keadaan tersebut kepada aparat desa, Babinsa maupun Bhabinkamtibmas sehingga lebih dini dapat segera dilakukan koordinasi untuk melakukan tindakan antisipasi sebelumnya.

“Sesuai intruksi Dandim 0734/Yogyakarta, Letkol Inf Rudi Firmansyah, bahwa sebagai satuan teritorial yaitu Koramil, kami akan selalu mendekatkan diri kepada masyarakat dan menjalin kemitraan dan kebersamaan dengan intsnasi lain dalm unsur Muspika. Salah satunya juga melaksanakan pembinaan kepada Linmas,” terang Kapten Latief kepada KMP.

Ditambahkannya, dengan kegiatan ini diharapkan pula seluruh anggota Linmas mengetahui tentang tugas pokok dan peranannya. Danramil Jetis juga menyampaikan agar anggota Linmas ikut membantu tugas Kepolisian dan menyatukan keutuhan NKRI, mengingat Linmas merupakan kekuatan keamanan swakarsa. Sinergitas Linmas sangat dibutuhkan untuk menjaga keamanan di wilayah Kecamatan Jetis.  (KMP-1)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Danramil 01/Jetis Laksanakan Pembinaan Linmas"

Posting Komentar