Danrem Minta Kodim Wonosobo Siaga Bencana

KMP – dengan kondisi geografis yang sebagian besar merupakan dataran tinggi, ditambah curah hujan tinggi Kabupaten Wonosobo masih sangat rawan bencana alam. Potensi gerakan tanah, longsor, sampai banjir dan puting beliung dinilai wajib diwaspadai termasuk jajaran Kodim 0707/ Wonosobo.

Komandan Korem 072/Pamungkas Brigjen TNI Fajar Setyawan menegaskan kesiapan personel Kodim 0707/ Wonosobo dalam memahami potensi bencana mutlak diperlukan. Sehingga jika nanti terjadi bencana anggota paham apa yang harus dilakukan.

“Di sinilah pentingnya kegiatan Latihan Posko I penanggulangan bencana alam, sesuai program kerja Angkatan Darat untuk operasi militer selain perang (OMSP),” terang Danrem di sela peninjauan Gladi Posko di Makodim 0707/ Wonosobo, Senin (8/5).

Selama tiga hari ke depan, naluri personel Kodim dalam menghadapi setiap situasi bencana akan diasah melalui Gladi Posko. Kegiatan penanggulangan bencana, menurut Danrem, juga merupakan amanah Undang-undang TNI Nomor 34 Tahun 2004, yang mengatur tugas tentara dalam hal operasi militer perang, dan operasi militer selain perang.

Jenderal bintang satu ini berharap setelah menjalani gladi posko selama tiga hari, dengan alur koordinasi internal, kerjasama lintas sektoral, dan penanggulangan bencana, para personel tak lagi canggung saat berada di lapangan dalam rangka operasi serupa.

Karena itu pula, Danrem meminta setiap anggota yang terlibat di dalamnya serius dan sungguh-sungguh menjalani masa pelatihan.

Langkah Kodim yang serius mempersiapkan diri dalam penanggulangan bencana diapresiasi Sekretaris BPBD Kabupaten Wonosobo, Sumarno. Menurutnya, keseriusan TNI akan berdampak sangat positif terhadap soliditas kerjasama antara semua elemen yang biasa terlibat dalam upaya penanggulangan bencana alam.

“Kami jelas sangat apresiatif terhadap komitmen jajaran TNI ini, karena Kabupaten Wonosobo, merupakan daerah yang memiliki potensi bencana alam cukup tinggi dan memerlukan kesigapan banyak pihak,” tandasnya. (KMP-2)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Danrem Minta Kodim Wonosobo Siaga Bencana"

Posting Komentar