Hizbut Tahrir Indonesia Segera Dibubarkan

KMP - Pemerintah akan membubarkan Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) karena dianggap melakukan kegiatan yang bertentangan dengan Pancasila.

Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto mengatakan, berdasarkan hasil kajian bersama instansi terkait, HTI dianggap sebagai ormas yang bertentangan dengan Pancasila atau anti-Pancasila.

"Mencermati berbagai pertimbangan di atas serta menyerap aspirasi masyarakat, maka pemerintah perlu mengambil langkah hukum secara tegas untuk membubarkan HTI," kata Wiranto dalam jumpa pers di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Senin (8/5.

Wiranto menegaskan, pembubaran HTI ini dianggap bukan karena pemerintah anti terhadap ormas Islam. Namun keputusan tersebut dikatakannya demi kepentingan untuk merawat dan menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Menurut dia, pembubaran itu berdasarkan mekanisme dan langkah hukum yang diatur dalam undang-undang. "Oleh karena itu nanti akan ada proses pengajuan kepada suatu lembaga peradilan. Pemerintah tidak sewenang wenang, tetapi tetap bertumpu pada hukum yang berlaku," tuturnya. (KMP-2)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hizbut Tahrir Indonesia Segera Dibubarkan"

Posting Komentar