KNPI DIY Konsisten Dukung Keutuhan NKRI


KMP - Ancaman disintegrasi bangsa saat ini memunculkan kekhawatiran sejumlah kalangan. Meski begitu salah satu organisasi kepemudaan, KNPI wilayah DIY memastikan akan terus mendukung keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Wakil Bendahara DPD KNPI DIY, Lailiyatus Sa’diyah menegaskan bahwa NKRI adalah harga mati! Menurut dia, tidak bisa ditawarnya NKRI sebagai bentuk negara, sebab hal itu adalah kesimpulan akhir dari  kerja sejarah.

Bahwa negara sebagai organisasi paling utama yang didirikan atas kesepakatan bersama, yang merupakan kesatuan dari keanekaragaman (multirealitas), melalui sistem dan mekanisme kerjanya, adalah mufakat dari seluruh rakyat Indonesia yang terdiri dari beragam suku, agama, tradisi, kebudayaan, kepentingan dan adat-istiadat.

"Kebhinekaan adalah sunatullah. Upaya paksa dalam menyeragamkan kebhinekaan, sama halnya dengan upaya melawan takdir. NKRI dan kebhinekaan adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan.Kebhinekaan adalah syarat bagi tetap berdirinya NKRI. NKRI adalah syarat bagi tetap terawatnya kebhinekaan," tegas wanita berhijab itu.

Maka dari itu isu bahaya ancaman diistegrasi bangsa selalu disebarluaskan KNPI kepada pemuda-pemuda lainnya termasuk saat digelarnya seminar dalam rangka rakerda organisasi kepemudaan tersebut. Mengangkat tema Revitalisasi dan Reposisi Peran KNPI dalam Bingkai Keindonesiaan, Rakerda yang sudah dilaksanakan itu sengaja digelar karena  sangat relevan dengan visi dan misi yang diusung DPD KNPI DIY dibawah komando Fitroh Nurwijoyo Legowo tersebut.  Terlebih tema di atas berhubungan dengan penataan keorganisasian ke dalam, baik peningkatan kapasitas kader maupun institusionalisasi organisasi.


"Disisi lain, sikap keluar juga harus ditunjukan. Bagaimana dan seperti apa seharusnya KNPI dalam ruang kehidupan sosial, namun tidak sekedar mengikuti arus yang ada yang semata bermuatan politis. Ikhtiar tersebut semata-mata merupakan wujud kepedulian dan tanggungjawab DPD KNPI DIY dalam turut serta menjaga NKRI dan merawat kebhinekaan," tandas dia. (KMP-4)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "KNPI DIY Konsisten Dukung Keutuhan NKRI"

Posting Komentar