Koramil Mlati Budidayakan Tanaman Hidroponik

KMP -Koramil 12/Mlati, Kodim 0732/Sleman membudidayakan tanaman hidroponik. Kegiatan tersebut dilakukan di halaman depan Mako setempat, Rabu (24/5). Hidroponik adalah budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman.

Kebutuhan air pada hidroponik lebih sedikit dari pada kebutuhan air pada budidaya dengan tanah dan hal ini sangat cocok pada area yang memiliki pasokan air yang terbatas terlebih saat musim kemarau tiba.

Sadar potensi yang dimiliki Kodim Sleman cukup besar, maka Dandim Sleman Letkol Arm Djoko Sudjarwomemerintahkan untuk seluruh jajaran Koramil membudidayakannya. Upaya ini bukan tanpa alasan. Di samping mengoptimalkan serbuan teritorial, Dandim ingin Babinsa sekaligus menjadi motor penggerak salah satu program ketahanan pangan di tengah masyarakat. Prinsipnya sederhana, jika Babinsa paham dan bisa menerapkannya, maka dia akan bisa mendorong serta mengajari yang lainnya.

“Jadi biar Babinsanya bisa dulu, baru setelah itu diterapkan di lingkungan. Kalau ada yang belum bisa, didorong atau diajari. Karena manfaatnya luar biasa besar, baik untuk kebutuhan sendiri maupun untuk kebutuhan lainnya,” tegas Letkol Djoko.

Implementasi teknik ini memang cukup sederhana. Mula-mula disiapkan tempat yang akan digunakan untuk media tanam. Media dibuatkan dari pipa paralon ukuran besar yang sudah dilubangi di salah satu bagiannya secara berjajar. Pipa kemudian dibuat bertingkat agar benih yang ditanam lebih banyak.

Di bagian ujung setiap pipa diberi saluran air yang sudah ditentukan kadarnya. Air inilah yang kemudian akan menjadi nutrisi bagi tanaman yang ada. Sedangkan tanaman sebelumnya disemai hingga seukuran biji kecambah. Setelah itu ditempatkan pada medium dari plastik sebelum disimpan di pipa yang sudah disiapkan. Kegiatan  Pembuatan Tanaman Hidroponik tersebut  membahas tentang cara pembuatan tanaman hidroponik dengan menggunakan bibit bayam, sawi, selada dan tanaman lainya dalam rangka melaksanakan program ketahanan pangan.

Hasilnya akan dikembangkan kepada masyarakat binaannya, sehingga kebutuhan sayuran disekitar rumah warga akan dapat terpenuhi sehingga akan menekan biaya belanja rumah tangga, ini sebagai bentuk penghematan secara finansial, hal ini akan disosialisasikan pada beberapa waktu kedepan.  (KMP-1)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Koramil Mlati Budidayakan Tanaman Hidroponik"

Posting Komentar