Letkol Rudi: Pemuda Harus Tetap Berpedoman Pancasila

KMP - Komunikasi Sosial (Komsos) menjadi ciri khas TNI AD. Ini pula yang dilakukan Dandim 0734/Yogyakarta Letkol Inf Rudi Firmansyah bersama Dandim 0729/ Bantul Letkol Inf Agus Widianto dengan segenap tokoh seni pemerhati Pancasila. Komsos berlangsung di Museum Omah Garuda Jl Parangtritis, Bantul.

Letkol Inf Rudi Firmansyah menegaskan, lambang burung Garuda / Pancasila memiliki peranan penting terhadap keberlangsungan bangsa dan negara. “Pancasila merupakan ideology, dasar negara dan falsafah hidup bagi bangsa Indonesia,” ucap Letkol Rudi.

Pancasila yang kita pahami saat ini, ungkap Dandim Kota Yogya, sebelum lahir telah melalui proses perumusan dari kurun waktu 29 Mei 1945 sampai dengan 1 Juni 1945, di mana tiga tokoh nasional yaitu Muhamad Yamin, Mr. Soepomo, dan Ir. Soekarno, yang tergabung dalam Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) mencoba mengusulkan masukan-masukan tentang dasar negara.

Gagasan Bung Karno tentang dasar negara yang disampaikan di depan sidang Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) tanggal 1 Juni 1945 menjadi titik awal bahwa Pancasila diakui sebagai dasar dan ideologi negara. Sehingga tanggal 1 Juni ditetapkan sebagai hari kelahiran Pancasila.

“Tantangannya saat ini semakin besar. Mulai dari proxy war, narkoba, komunis, budaya asing, dan lain sebagainya. Pemuda harus tetap memegang peranan penting terutama tetap berpedoman kepada Pancasila,” ujarnya.

Lebih lanjut Dandim berharap, keberadaan komunikasi sosial dengan tokoh seni yang pada kesempatan ini harus dapat bersinergi. “Satu visi dan satu pemahaman. Pemuda harus bisa menanamkan nilai-nilai Pancasila di masyarakat,” pungkasnya. (KMP-2)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Letkol Rudi: Pemuda Harus Tetap Berpedoman Pancasila"

Posting Komentar