Mahasiswa UST Dibekali Wawasan Kebangsaan

KMP -  Mahasiswa adalah calon pemimpin bangsa. Pemahaman akan kebangsaan dan kepemimpinan yang baik, akan menjadi penentu kualitasnya di kemudian hari. Karena itu, Dandim 0734/Yogyakarta Letkol Inf Rudi Firmansyah tak ingin melewatkan momen ini.

Dandim memberi wawasan kepemimpinan kepada mahasiswa Fakuktas Teknik Universitas Sarjanawiyata (UST) Yogyakarta. Dandim berikan cara pandang atau pemahaman tentang kepemimpinan dalam kebangsaan dan aktualisasi nilai-nilai dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara.

Letkol Rudi mengatakan, mahasiswa adalah generasi emas dan pemimpin masa depan dan dihitung mulai saat ini. Sebab pada tahun 2045 nanti, para mahasiswa saat ini sudah menjadi pemimpin menggantikan pendahulunya.

Negara maju, ucap Letkol Rudi, membutuhkan pemimpun yang memiliki karakter cerdas dan bertanggung jawab serta berwawasan luas dan beretika. ” Mahasiswa kini dengan bonus demografi atau bencana demografi, haruslah dapat mengelola diri sendiri dengan baik, pada usia produktif isilah dengan kegiatan baik, jangan jadi sampah masyarakat,” katanya.

Dandim menjelaskan, penduduk bumi sudah melebihi kapasitas. Pertumbuhan penduduk dalam setiap 6 tahun sudah mencapai 6 miliar, sedangkan kebutuhan energi naik berkisar 41 %. Konflik Dunia mulai tahun 2013 terus terjadi dan 70 % dari konflik tersebut disebabkan oleh energi.


Tidak lama lagi akan terjadi perang ekonomi, karena akan terjadi pergeseran dari energi ke hayati yang berada di eegara ekuator dan itu ada di Indonesia. ”Untuk itu, kita harus menjaga kekayaan alam Indonesia ini. Hal ini dapat dicegah dengan selalu menjaga sumber daya alam kita,”jelasnya. (KMP-2)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mahasiswa UST Dibekali Wawasan Kebangsaan"

Posting Komentar