Peringati Hari Lahir, Momentum Menjaga Pancasila


KMP - Tanggal 1 Juni selalu diperingati sebagai hari lahir Pancasila. Tidak hanya sekedar sebagai rutinitas peringatan, hari lahirnya Pancasila setidaknya dijadikan momentum untuk menjaga Pancasila. Demikian disampaikan dua Dandim di wilayah DIY, Letkol Inf Agus Widianto (Dandim 0729/Bantul) dan Letkol Inf Rudi Firmansyah (Dandim 0734/Yogyakarta).

“Terlebih dengan adanya Hari Lahir Pancasila besok (1/6) setidaknya bisa jadi momen untuk Pancasila selalu lebih dijaga kelestariannya,” kata Dandim 0729/Bantul Letkol Inf Agus Widianto.

Menurut Agus, cara sederhana menjaga Pancasila yakni dengan meletakan ego masing-masing pihak. Pasalnya, beberapa konflik dan silang pendapat yang terjadi saat ini bahkan mengancam keutuhan negara lebih banyak disebabkan masing-masing pihak terlalu berpegang teguh pada ego sendiri.

“Letakkan ego masing-masing. Memang ada beberapa konflik terjadi karena lebih mendahulukan kepentingan kelompok, tapi seharusnya bisa dihindari. Untuk melahirkan konsep Pancasila itu tidak mudah, butuh waktu lama. Nah, sekarang sebenarnya tugas kita sebagai generasi penerus gampang kok, tinggal menjaga Pancasila itu saja, jadi tidak perlu-lah bersikap berlebihan yang justru mengancam keutuhan negara,” ungkapnya.

Senada diutarakan Dandim 0734/Yogyakarta Letkol Inf Rudi Firmnasyah dimana Pancasila harus selalu dijaga karena sudah terbukti menjadi pedoman negara untuk menyatukan suku, agama, ras, dan golongan yang ada di Indonesia.

“Sudah terbukti nyata ketika Indonesia lahir itu diawali adanya Pancasila. Hanya ideologi Pancasila yang bisa menyatukan, maka Pancasila harus dijaga dan dirawat,” sambung Rudi.

Sebagai bagian dari aparatur negara, lanjut Dandim, pihaknya di TNI khususnya Angkatan Darat akan berupaya maksimal untuk menjaga dan melestarikan Pancasila di wilayah Kota Yogya.

“Tentunya kami akan berupaya maksimal untuk menjaga dan melestarikan Pancasila lewat komunikasi yang baik dengan seluruh pihak di kota ini. Misalnya, kami sudah berkali-kali memberikan pemahaman tentang Pancasila, khususnya pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum yang ada di Jogja melalui sejumlah kegiatan,” tandas Rudi. (KMP-4)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Peringati Hari Lahir, Momentum Menjaga Pancasila"

Posting Komentar