Perketat Keamanan Bandara, Lanud Adisutjipto Turunkan Unit Satwa


KMP- Unit Satwa Pangkalan Udara (Lanud) Adisutjipto Yogyakarta diturunkan di kawasan Bandara Internasional Adisutjipto seiring peningkatan status keamanan menyusul aksi bom bunuh diri di Terminal Kampung Melayu, Jakarta awal pekan ini.

Keberadaan personil dari unit satwa berupa anjing pelacak, dihadirkan untuk mendekteksi keberadaan bahan peledak dan juga narkoba. Sebab, menurut Danlanud Adisutjipto Marsma TNI Novyan Samyoga terdapat bahan berbahaya yang tidak terdeteksi oleh sensor maupun metal dektektor. "Nah, keberadaan anjing pelacak inlah yang bisa mendeteksi keberadaan barang-barang berbahaya yang luput dari sensor," tutur Danlanud.

Novyan menjelaskan, pemeriksaan dengan anjing pelacak, dilakukan dari mulai pintu masuk kendaraan hingga tempat penurunan penumpang. Setiap bagasi mobil dan barang bawaan penumpang diendus oleh anjing penjaga yang dibawa oleh aparat. Dia menyebut setidaknya akan ada enam check point pemeriksaan penumpang di Bandara. Pemeriksaan dilakukan mulai dari pintu masuk hingga akan naik ke pesawat.

"Kami mohon maaf atas ketidak nyamanan para penumpang. Langkah ini dilakukan untuk antisipasi dari aksi terorisme," tutur jenderal bintang satu itu.

Novyan menjelaskan peningkatan pengamananan dilakukan dengan mempercepat rotasi penjagaan disejumlah titik.  Bila biasanya rotasi pengamanan dilakukan dua kali dalam sejam, maka kali ini digelar tiga hingga 4 kali.
"Personilnya tetap satu kompi dari berbagai kesatuan disiapkan untuk mengamankan penumpang, hanya rotasinya yang dipercepat,” kata Novyan.

Lebih lanjut Danlanud mengutarakan komunitas Bandara Adisutjipto bertanggungjawa atas keselamatan penumpang. Jangan sampai aparat kecolongan karena lengahnya pengamanan. 
"Sejumlah personil dari TNI AU, Paskhas, Avsec (aviation security), Polri dan K9 sudah disiapkan guna memberikan pengamanan bagi para penumpang," tandas dia. (KMP-4)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Perketat Keamanan Bandara, Lanud Adisutjipto Turunkan Unit Satwa"

Posting Komentar