Resmi, UCY Punya Pengurus Yayasan Baru

KMP – Konflik berkepanjangan antarpengurus yayasan Cokroaminoto berakhir. Sabtu (13/5) Universitas Cokroaminoto Yogyakarta resmi memiliki pengurus yayasan baru dengan nama Yayasan Perguruan Tinggi Islam Cokroaminoto Yogyakarta (YPTICY). Pelantikan dilakukan di Hotel Inna Garuda.

Ketua Keluarga Alumni UCY Farid Iskandar mengatakan, konflik internal telah lama terjadi. Konflik antara Yaperti dan YPTIC menghambat perkembangan kampus yang sudah berumur ini. Akibatnya, dibanding kampus lain seusianya di DIY, UCY terbilang masih tertinggal.

Tak ingin konflik terus berlarut, selepas munas, keluarga alumni UCY menyurati para pihak yang berkonflik. Pertemuan baik dengan Yaperti maupun YPTIC pun digelar bersamaan dengan rektorat, civitas akademika dan alumni. Meski sempat muncul perdebatan namun akhirnya kedua pihak sepaham.

“Yaperti yang diwakili bapak Ismail Djaelani menyerahkan mandat kepada alumni agar dibentuk kepengurusan baru. Begitu juga dengan YPTIC, menyerahkan mandate kepada keluarga alumni tanpa invervensi,” ucap Farid, usai pelantikan, Sabtu siang.

Berbekal mandat tersebut, KA UCY membentuk tim dan diberi waktu hanya 21 hari menyelesaikan tugasnya membentuk pengurus yayasan yang baru. Dalam perjalanannya, sempat muncul keberatan dari tiga tokoh Yaperti. Namun setelah dilakukan dialog akhirnya bisa menerima.

“Kita kontak alumni-alumni yang kompeten. Kita juga tetap mengakomodir Yaperti dan YPTIC. Tanggal 10 wakil kita ke notaris membuat akta perubahan, esok harinya ke Jakarta ke Kemenkumham. Tanggal 12 pagi menghadap Kemenkumham, siang harinya sudah selesai. Dan hari ini sudah dilantik,” terangnya.

Pengurus yayasan yang baru, lanjut Farid, terdiri dari tujuh orang dewan Pembina, tujuh dewan pengurus, serta lima dewan pengawas. “Kami berharap yayasan segera melakukan konsolidasi, perlu menyamakan persepsi. Perlu juga minta banyak penjelasan dari rektor apa yang paling dibutuhkan kampus,” tambahnya.

Rektor UCY Ir. H. Mohammad Ismet M.Sc., Ph.D berharap, yayasan yang baru lebih kuat, lebih kompak, lebih solid dan efektif mendorong UCY agar berkembang lebih baik lagi. “Yang sekarang adalah pengurus yayasan hasil rekonsiliasi. Hasil kesepakatan yang diprakarsai keluarga alumni,” katanya.

Ia menambahkan, tantangan pengurus yayasan baru cukup berat. Di mana, kampus memiliki target besar untuk menambah jumlah prodi menjadi 10, meningkatkan jumlah mahasiswa maupun dosen, serta menambah fasilitas yang ada di kampus.


“Sehingga UCY bisa kembali lebih besar dan bisa sama dengan universitas lain yang usianya sama dengan UCY. Konflik ini cukup lama, lebihd ari 10 tahun sehingga menghambat perkembangan kampus. Harapannya ke depan lebih kompak dan solid,” tambahnya. (KMP-2)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resmi, UCY Punya Pengurus Yayasan Baru"

Posting Komentar