Siswa SMP Pamungkas Dibekali Wawasan Kebangsaan

KMP  - Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang sederajat merupakan jenjang pendidikan yang memiliki posisi sangat strategis dalam membentuk karakter, dasar-dasar mental dan perilaku generasi bangsa. Pada fase ini sangat penting diberi bekal wawasan untuk mewarnai perjalanannya meraih cita-citanya di masa mendtang.

Materi wawasan kebangsaan tersebut harus disesuaikan dengan keadaan usianya. Dalam penyampaian materi pun memakai bahasa yang sederhana, sehingga muda dicerna, dipahami dan dimengerti untuk dilaksanakannya dalam kehidupannya sehari-sehari.

Seperti yang dilakukan Babinsa Koramil 12/Mlati Serda Sutrisno dan Serma Maryanto. Keduanya memberikan wawasan kebangsaan kepada 65 pelajar SMP Pamungkas di RM Sego Wiwit Jln Selokan mataram, Dusun Nambongan, Tlogoadi, Mlati, Sleman.

Wadanramil 12/Mlati Kapten Kav Sudarmaji mengatakan, sosialisasi wasbang merupakan program yang telah ditetapkan Komando Atas sebagai bagian dari penjabaran program pembinaan teritorial. “Kami sudah koordinasikan dengan UPT Dinas Pendidikan dan kepala sekolah,” ucap Wadanramil.

Dalam pemberian materi, siswa diakal kembali mengingat nama-nama pahlawan nasional,  sejarah perjuangan bangsa, menyanyikan lagu-lagu nasional,  penanaman nilai-nilai saling menghormati, kesetiakawanan, sopan santun, dan giat belajar sebagai bagian dari perjuanganya.

“Sehingga pada diri anak-anak akan tumbuh rasa bela negara, rasa cinta tanah air dan berwawasan kebangsaan dan nantinya dapat menjadi generasi yang berkompeten dalam menjaga kedaulatan NKRI,” harap Wadanramil.


Selain materi wawasan kebangsaan kegiatan juga juga diisi tentang bahaya narkoba. Mengingat penyalahgunaan nrkoba sudah cukup mengkhawatirkan terutama di DIY yang menempati urutan pertama nasional untuk kalangan pelajar dan mahasiswa. (KMP-2) 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Siswa SMP Pamungkas Dibekali Wawasan Kebangsaan"

Posting Komentar