Sudah 12 Orang, Tersangka Diksar Maut UII Masih Akan Bertambah



KMP - Penyidik Polres Karanganyar terus mengembangkan kasus tewasnya tiga mahasiswa Universitas Islam Indonesia (UII) saat mengikuti Diksar bertajuk The Great Camp (TGC) XXXVII di Telogo Dringo Desa Gondosuli Tawangmangu Januari lalu.

Enam tersangka baru sudah ditetapkan dan dimungkinkan akan terus bertambah seiring berkembangnya proses penyidikan. Kapolres Karanganyar AKBP Ade Safri Simanjuntak mengatakan, enam tersangka baru merupakan staf operasional dalam Diksar maut.

Mereka ditetapkan jadi tersangka karena sengaja melakukan tindakan kekerasan berupa pemukulan, tendangan dan juga tindakan kekerasan lain secara berulang-ulang kepada peserta Diksar. Penetapan tersangka dilakukan setelah dilakukan pemeriksaan para saksi, penyiapan dua alat bukti hingga mekanisme gelar perkara.

"Januari lalu kita menetapkan enam orang tersangka, kemudian ditambah enam tersangka lagi yang ditetapkan," katanya seperti dilansir Sindonews.

Namun masih ada sejumlah calon tersangka baru yang dibidik oleh penyidik Polres Karanganyar. Pasalnya perbuatan mereka diduga melanggar hukum dan perlu ditindak tegas. Calon tersangka baru itu, kata Kapolres, nantinya akan ditetapkan setelah penyidik mengetahui apakah kekerasan yang terjadi dalam Diksar itu dilakukan secara individu atau dilakukan secara kelompok.

Jika dilakukan secara kelompok pastinya akan ada calon tersangka baru yang berasal dari penanggung jawab atau unsur lainnya. Calon tersangka baru juga berasal dari panitia yang dengan sengaja menghilangkan barang bukti berupa foto maupun video dokumentasi Diksar.

Seluruh file yang hilang akhirnya bisa dikembalikan setelah barang bukti dibawa ke Pusat Laboratorium Forensik Mabes Polri Cabang Semarang. Seluruh foto maupun video yang menunjukkan tindakan kekerasan yang dilakukan selama Diksar dapat dibuka dan dilihat oleh petugas tanpa terkecuali.


Barang bukti itu yang kemudian menjadi rujukan pada penyidik untuk menentukan enam tersangka baru pada Selasa lalu. "Sampai saat ini belum kita perkarakan untuk yang masalah penghilangan barang bukti, tapi ke depan kita akan menyasar masalah itu," ucapnya. (KMP-2)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sudah 12 Orang, Tersangka Diksar Maut UII Masih Akan Bertambah"

Posting Komentar