Tingkatkan Produksi Padi, Babinsa Ngemplak Dampingi Petani

KMP - Bintara Pembina Desa (Babinsa) Widodomartani Koramil 07/Ngemplak, Kodim 0732/Sleman, Rabu (24/5) melaksanakan pendampingan pertanian sebagai upaya khusus terhadap kelompok tani di Desa Widodomartani, Ngemplak, Sleman.

Program pendampingan yang harus dilakukan oleh para Babinsa di masing-masing jajaran Koramil sesuai instruksi Dandim Sleman Letkol Arm Djoko Sudjarwo, dengan harapan Babinsa dapat berperan aktif dalam mewujudkan program pemerintah terkait pencanangan Swasembada Pangan dan Ketahanan Pangan.

“Padi merupakan komoditi tanaman pangan yang memiliki peranan pokok dan sangat penting sebagai pemenuh kebutuhan pangan, pakan dan industri dalam negeri yang setiap tahunnya cenderung meningkat seiring dengan pertambahan jumlah penduduk dan berkembangnya industri pangan dan pakan. Sehingga, dari sisi Ketahanan Pangan Nasional fungsinya menjadi amat penting dan strategis,”tegas Letkol Djoko.

Dalam kaitan pendampingan ini, Babinsa memiliki peran sebagai komunikator, fasilisator, advisor, motivator, edukator hingga organisator melalui pengawalan dan pendampingan kegiatan upaya khusus (Upsus) peningkatan produksi padi dalam pencapaian swasembada berkelajutan.    

Salah satu hal yang dilakukan Babinsa Widodomartani Serka Hari Purwanto dalam melaksanakan pendampingan adalah penyiangan tanaman padi yang mulai banyak ditumbuhi rumput, hal ini guna menjaga kesehatan tanaman dari rumput pengganggu tanaman, apabila hal ini lambat dilakukan akibatnya tanaman akan menjadi kurus dan kurang asupan nutrisi.  (KMP-1)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tingkatkan Produksi Padi, Babinsa Ngemplak Dampingi Petani"

Posting Komentar