Begini Bentuk Logo dan Maskot Porda DIY 2017


KMP - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) DIY resmi meluncurkan maskot dan logo Pekan Olahraga Daerah (Porda) XIV/2017 yang akan berlangsung di Bantul, 29 Juni hingga 5 Agustus. Mengambil <I>tagline<P> Bersinergi Mendulang Prestasi, kuda lumping dipilih menjadi maskot sementara logo diambil Tugu Jogja dengan bermahkotakan logo Kraton yang diselimuti garis-garis warna warni.

“Untuk penentuan maskot dilakukan langsung oleh Pemkab Bantul, adapun logo kami buat sendiri berdasarkan data-data yang sebelumnya disayembarakan. Butuh waktu dua pekan untuk menyelesaikan logo ini,” tutur Ketua Umum KONI DIY dr Hadianto Ismangoen.

Peluncurkan dilakukan secara sederhana dengan dihadiri sejumlah pengurus KONI Kota dan Kabupaten serta perwakilan anggota pengurus provinsi (Pengprov) cabang olahraga (cabor). Hadir pula perwakilan dari Pemkab Bantul yang akan menjadi tuan rumah Porda nanti.

“Meski peluncuran dilakukan sederhana tapi kami harapkan semangat yang terpancar dari maskot dan logo dapat mewarnai dan memompa motivasi para atlet yang akan bertanding nanti. Tujuannya tidak muluk-muluk, karena kami ingin mencari atlet-atlet berprestasi yang dapat memperkuat DIY disejumlah even olahraga khususnya PON di Papua 2020 mendatang,” papar pria yang saat ini masih menjabat sebagai Ketua Umum Asprov PSSI DIY itu.

Sementara itu Kepala Bidang (Kabid) Pemuda dan Olahraga (Pora) Bantul Sapto Priyono pihaknya sengaja memilih kuda lumping sebagai maskot Porda 2017 karena mewakili Kabupaten yang terkenal dengan sebutan Bumi Projotamansari itu.

“Kuda lumping itu kesenian yang sudah familiar sejak zaman Perang Diponegoro untuk mengelabui tentara Belanda. Kebetulan di salah satu tempat di Bantul juga merupakan lokasi jalur yang dipilih Pangeran Diponegoro saat melawan Belanda. Kuda lumping awalnya merupakan bentuk latihan keprajuritan dan semangat para prajurit inilah yang kami harapkan dimiliki setiap atlet yang berlaga di Porda nanti,” tanda Sapto. (KMP-4)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Begini Bentuk Logo dan Maskot Porda DIY 2017"

Posting Komentar