Bibit Jagung Unggulan Monsanto Cocok Ditanam di DIY


KMP – DIY memiliki tingkat produktivitas hasil panen jagung yang tergolong tinggi. Tingkat produktivitas jagung DIY mencapai 300 ton pertahun. Angka ini menempatkan jagung di urutan kedua panenan tertinggi setelah ubikayu di antara berbagai jenis tanaman palawija yang ada.

Produktivitas jagung yang cukup tinggi masih bisa dimaksimalkan dengan praktik pertanian tepat guna. Praktik ini dapat dilakukan mulai dari pengolahan lahan, pemupukan, penyiangan  gulma, pengendalian hama penyakit  serta yang paling penting adalah pemilihan benih berkualitas.

Sebagai produsen benih jagung hibrida, Monsanto Indonesia menawarkan produk bibit jagung unggulan yang cocok untuk ditanam petani di wilayah DIY dan Jawa Tengah. Presiden Direktur Monsanto Indonesia  Ganesh Pamugar Satyagraha mengatakan, ada dua jenis bibit jagung hibrida yang ditawarkan Monsanto.

Keduanya diklaim sangat cocok ditanam di DIY-Jawa Tengah, yaitu Dekalb DK959 dan DK771. "Kedua benih ini mpunya karakter berbeda namun saling melengkapi serta cocok untuk ditanam di
wilayah Jawa Tengah dan DIY," ucap Ganesh, kemarin.

Benih Dekalb DK959 sangat cocok ditanam di lahan sawah bekas padi yang mempunyai sistem irigasi. Benih ini menawarkan hasil produksi yang lebih tinggi, mencapai rata rata 9-10 ton per hektare dan cocok ditanam di musim kemarau.

Sedangkan benih Dekalb DK771 cocok untuk ditanam di lahan-lahan marginal atau kurang subur atau dibawah naungan pohon. Benih ini mempunyai keunggulan khusus yakni tahan terhadap penyakit  bulai serta usia panen yang lebih singkat sehingga cocok bagi petani yang mau menambah frekuensi tanam dan tentunya dengan hasil panen yang tinggi juga mencapai rata rata produksi 8-9 ton per hektar.

Kepala Dinas Pertanian DIY Ir Sasongko MSi menambahkan, meski produktivitas jagung DIY tinggi namun kebanyakan hasil panen digunakan untuk campuran pakan ternak. Sedangkan jagung konsumsi di DIY masih sebatas jagung manis saja.

"Diversifikasi pangan produk olahan jagung belum begitu maksimal di DIY, padahal produktivitas hasil panenan jagung DIY tergolong tinggi. klau untuk mencukupi kebutuhan DIY saja lebih dari cukup. Karena itu jagung dari DIY sering diambil kabupaten atau provinsi lain," tambahnya. (KMP-2)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bibit Jagung Unggulan Monsanto Cocok Ditanam di DIY"

Posting Komentar