Catat, Daop 6 Jogja Buka Tujuh Jenis Posko Selama Lebaran


KMP - Secara serentak di seluruh Indonesia, Masa Angkutan Lebaran 2017 untuk moda transportasi kereta api mulai digelar hari ini hingga 11 Juli mendatang. Khusus PT KAI Daop 6 Yogyakarta menyediakan tujuh jenis Posko Angkutan Lebaran.

“Personel kami dengan ditambah penguatan SDM ekstra dari instansi luar akan disebar di sejumlah posko seperti posko data, posko humas, posko kesehatan, posko pelayanan, posko IT, posko pengamanan serta sub posko di setiap stasiun,” ungkap Humas PT KAI Daop 6 Jogja, Eko Budiyanto, Kamis (15/6).

Posko-posko ini, sebut Eko, akan ditempati ratusan personel baik dari internal Daop 6 maupun tambahan kekuatan dari personel ekstra di luar instansi. 

“Kalau dari kami internal seluruh personel disiagakan dan dilarang cuti. Tapi hal tersebut belum mencukupi banyaknya operasional kami sehingga perlu ada tenaga tambahan dari luar kami ambil dari instansi-instansi terkait. Total ada sekitar 305 personel tambahan di luar dari petugas internal kami,” papar dia.

Ratusan personel tersebut, ungkap Eko, berasal dari 158 personel gabungan TNI/Polri. Kemudian 92 personel PJL (Penjaga Jalan Lintasan) ekstra, 20 personel PPJ (Petugas Penilik Jalan) ekstra, 11 penjaga daerah dan jembatan rawan, serta 24 personel CSM (Customer Service Mobile) untuk membantu pelayanan penumpang di stasiun.

Dari sisi persiapan operasional, lanjut Eko, pihak Daop 6 Jogja juga fokus terhadap penyediaan Alat Material Untuk Siaga (AMUS), pendeteksian secara dini kondisi jalan rel, posko daerah rawan, penjagaan ekstra pintu perlintasan rawan kecelakaan, posko keandalan jaringan komputer dan aplikasi, penyiapan regu terbang (flying gang) prasarana dan sarana, serta menyiapkan cadangan awak sarana KA di setiap dinasan shift.

“Kami sadar peningkatan operasional untuk menumbuhkan kenyamanan bagi penumpang diperlukan mengingat kereta api saat ini menjadi moda transportasi pilihan utama masyarakat yang akan bepergian jauh,” jelasnya.

Sementara itu untuk memastikan kondisi kesiapan personel, pagi tadi di halaman Stasiun Tugu Jogja dilakukan Gelar Pasukan yang dipimpin EVP Daop 6 Jogja, Hendy Helmy. Upacara Gelar Pasukan serentak dilakukan di seluruh Daop dan Divre bertepatan dengan hari pertama dimulai Posko Angkutan Lebaran PT KAI. Pada upacara ini dilakukan pengecekan setiap pegawai maupun petugas eksternal yang bertugas selama masa Angkutan Lebaran.

“PT KAI menetapkan masa operasi Angkutan Lebaran 2017 selama 27 hari mulai 15 Juni atau H1-10 hingga 11 Juli atau H2+15,” sambung Hendy. (KMP-4)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Catat, Daop 6 Jogja Buka Tujuh Jenis Posko Selama Lebaran"

Posting Komentar