Diikuti 100 Pelajar, Kodim Sleman Gelar Pekan Pancasila


KMP - Untuk menanamkan dan menguatkan kembali nilai-nilai Pancasila pada generasi muda, bahkan sejak dini, Kodim 0732/Sleman melaksanakan Pekan Pancasila yang diikuti 100 pelajar anggota pramuka se-Kabupaten Sleman, Sabtu (10/6)di halaman Makodim setempat. Sorak semangat dan antusias anggota pramuka dari sejumlah gugus depan para pelajar  nyata terlihat dalam rangkaian kegiatan Pekan Pancasila ini.

Dandim 0732/Sleman Letkol Arm Djoko Sudjarwo mengatakan, bahwa tujuan penyelenggaraan Pekan Pancasila untuk menguatkan dan memperkenalkan ulang dasar-dasar Pancasila serta untuk kembali menarik minat generasi muda dan seluruh masyarakat, sehingga nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila bisa dipahami.

"Ini sebagai tindaklanjut dari perintah pimpinan untuk menyelenggarakan Pekan Pancasila di wilayah masing-masing,   bahwa kegiatan tersebut, untuk memperdalam Pemahaman, Penghayatan dan Pengamalan Pancasila. Hal ini dilandasi oleh Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 24 Tahun 2016, yang menetapkan tanggal 1 Juni 1945 sebagai Hari Lahir Pancasila." tegas Dandim kepada KMP. 

Dalam rangkaian kegiatan Pekan Pancasila  kali ini, Kodim Sleman membekali pelajar anggota pramuka dengan berbagai kegiatan materi dan permainan outbond. Dalam kegiatan outbond ini pelajar pramuka ini diajarkan makna membangun karakter generasi muda.

"Di sini ada beberapa materi diberikan, sebenarnya semuanya sama hanya dalam bentuk berbagai permainan dapat dilihat kerjasama, loyalitas dan kekompakan dengan rekan-rekan," terang Letkol Djoko.

Selain itu, melalui Pekan Pancasila, pelajar juga diajarkan berkompetisi sehat dan disiplin dengan aturan. Disini para pelajar pramuka dipupuk jiwa loyalitas dan semangat. Namun, secara keseluruhan kegiatan Pekan Pancasila ini Kodim Sleman berupaya menanamkan wawasan kebangsaan kepada generasi muda.

"Memupuk jiwa korsa, patriotisme, sehingga tujuan akhirnya mereka dapat disiplin, semangat," sambung Dandim. Letkol Djoko berharap, kegiatan ini akan terus berlanjut dan berkesinambungan pada generasi muda diberbagai kalangan baik pelajar SMP, SMA hingga mahasiswa bekerjasama dengan pihak-pihak terkait. (KMP-1)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Diikuti 100 Pelajar, Kodim Sleman Gelar Pekan Pancasila"

Posting Komentar