Ditandai Makan Pisang Bersama, Selogedong Deklarasi Sebagai ‘Dusun Bersiaga’


KMP - Dengan bersemangat warga Dusun Selogedong, Desa Argodadi mendeklarasikan diri sebagai dusun bersiaga, Rabu (7/6) malam usai kegiatan sholat tarawih. Deklarasi dihadiri Kepala Puskesmas 2 Sedayu drg Elmi Yudihapsari MPH, Panit 2 Bhinmas Polsek Sedayu Aiptu Alip Subana, Bhabinkamtibmas Argodadi Aiptu Baryadi, Babinsa Argodadi Kopda Mulyadi dan ratusan warga setempat.

Kegiatan diisi dengan hiburan hadroh dan perpisahan mahasiswa KKN  Stikes Alma Ata. Deklarasi diisi juga  dengan makan buah bersama yang kesempatan semalam adalah buah pisang sebagai  bagian Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (germas).

Dengan  deklarasi dusun bersiaga maka dalam  dalam bidang Promosi Kesehatan (Promkes) Dusun Selogedong bertekad untuk stop BAB sembarangan, kawasan sehat bebas asap rokok (kasebar),dusun siaga aktif serta Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) Muda Selogedong.

Untuk daruratan dan tanggap bencana telah disiapkan jalur evakuasi, ambulance dusun serta pemeriksaan golongan darah bagi warga setempat untuk menginventarisir golongan darah warga jika sewaktu-waktu dibutuhkan warga yang lain.


Untuk  bidang kesehatan lingkungan ada pos Upaya Kesehatan Kerja (UKK), Kesehatan dan Olahraga (Kesorga), Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) serta kawasan bebas sampah plastik. Dan untuk bidang pencegahan dan pemberantasan penyakit dengan kegiatan Juru Pemantau Jentik (jumantik) serta Pemuda Pemantau Jentik (pemantik).

“Dengan adanya deklarasi dusun siaga ini diharapkan mampu meningkatkan derajat  kesehatan masyarakat,” katanya.

Sementara Aiptu Alip Subana mengatakan anggota Bhabinkamtibmas di jajaran Polsek Sedayu siap mendukung kegiatan di tengah masyarakat di wilayah masing-masing. Termasuk terlibat dalam kegiatan yang bermuara pada peningkatan kesehatan  dan terciptanya lingkungan yang bersih dan sehat. “Kami siap mendukung,”tandasnya. (KMP-3).


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ditandai Makan Pisang Bersama, Selogedong Deklarasi Sebagai ‘Dusun Bersiaga’"

Posting Komentar