Jaga Semangat dan Jiwa Patriotisme, Kodim Yogya Gelar Upacara Bendera


KMP - Upacara bendera Merah Putih setiap hari Senin menjadi rutinitas yang dilakukan di kalangan TNI, khususnya di lingkungan Kodim 0734/Yogyakarta. Hal ini dilakukan untuk memupuk jiwa patriotisme di kalangan tentara.

Seperti yang dilakukan kemarin pagi di Lapangan Makodim setempat yang diikuti personel di Kodim Jogja baik dari tentara maupun PNS. Bertindak sebagai inspektur upacara yakni Danramil 11/Kraton Mayor Inf Saidi serta Komandan Upacara dipegang Danramil 09/Mantrijeron Kapten Inf Maseh.

“Upacara bendera Merah Putih digelar rutin guna menumbuhkan jiwa patriotisme serta menumbuhkan jiwa kedisiplinan bagi prajurit dalam mengamalkan Sapta Marga, Delapan Wajib TNI dan Sumpah Prajurit,” tutur Mayor Saidi, Senin (5/6).

Saidi juga menjelaskan dengan diadakannya upacara bendera secara rutin makan dapat terus memupuk jiwa kejuangan, patriotisme, nasionalisme dan solidaritas prajurit serta mengenang jasa para pahlawan.

“Upacara bendera setiap Senin memiliki makna penting, sebagai upaya untuk mengingatkan Prajurit dan PNS TNI pada perjuangan para generasi pendahulu,” kata dia.

Hal serupa juga disampaikan Kasdim 0734/Yogyakarta Mayor Inf Mohammad Munasik yang memastikan bahwa upacara bendera setiap Senin di instansinya selalu rutin digelar. Bahkan untuk petugas upacara hingga inspektur upacara selalu dibuat bergiliran antarkoramil. Di luar itu Munasik juga berpesan kepada seluruh personel Kodim Jogja untuk selalu memantau permasalahan yang sedang berkembang.

“Jangan ada lagi anggota yang apatis dan tidak mengetahui tentang isu yang berkembang.  Siapkan diri guna mengurangi teguran sekecil apapun nantinya. Siapkan pangkalan masing-masing, dengan melaksanakan pembersihan sesuai protap setelah apel pagi. Jangan terdapat lagi sampah maupun debu-debu yang bukan pada tempatnya, walaupun bangunan kita lama, namun kebersihannya harus senantiasa tetap dijaga,” tandas Kasdim. (KMP-4)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jaga Semangat dan Jiwa Patriotisme, Kodim Yogya Gelar Upacara Bendera"

Posting Komentar