Letkol Inf Agus Widianto: “Junjung Tinggi dan Jagalah Pancasila !”


KMP - Seluruh anggota prajurit dan PNS Kodim 0729/Sleman,  Kamis (1/6) mengikuti pelaksanaan Upacara Memperingati Hari Lahir Pancasila, di lapangan Makodim setempat. Bertindak sebagai Irup Dandim Bantul Letkol Inf Agus Widianto.

Dalam sambutannya, Letkol agus menegaskan, bahwa Indonesia adalah Pancasila dan Pancasila itu adalah Indonesia. Ditengah situasi saat ini tentu harus disadari bersama, dimana komponen anak bangsa ini hidup, dimana dibesarkan, dan dimana menikmati kemerdekaan ini.

“Kalau kita semua hidup di Indonesia, junjunglah tinggi Pancasila, jagalah Pancasila. Karena kita saat ini bisa menikmati dari perjuangan dan kemerdekaan dari leluhur kita yang telah melahirkan Pancasila sebagai pemersatu bangsa ini. Peribahasa Jawa mengingkatkan kita Ojo lali kacang karo lanjarane," tegas Dandim dihadapan peserta upacara.

Ditambahkannya, Pancasila adalah penjaga negeri ini, tugas dan kewajiban komponen anak bangsa adalah menjaga dan mewariskan kepada generasi berikutnya agar mereka tidak lupa bahwa mereka nantinya ada karena keberbedaan dalam kebersamaan.

“Ingat, perjuangan menyatukan cita-cita dalam keberbedaan dulu telah memakan waktu cukup lama, sehingga mampu menjadi bangsa yang besar. Ini Yang harus kita jaga bersama. Mari kita letakkan ego kita masing-masing dan kita maknai bersama,” katanya.

“Perbedaan kitalah yang telah memberikan dan menjadikan kita saat ini, menjadi bangsa yang disegani karena jiwa gotong royong dilandasi dengan kasih sayang. Keberbedaan adalah indah dan pemersatu. Itulah Pancasila, cita-cita yang diwujudkan leluhur kita menjadi bangsa dan negara Indonesia yang indah. Harus kita jaga, harus kita banggakan harus kita wariskan meskipun nyawa jadi taruhannya,” tandas Dandim. (KMP-1)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Letkol Inf Agus Widianto: “Junjung Tinggi dan Jagalah Pancasila !”"

Posting Komentar