Pekan Pancasila, Kodim Sragen Tanamkan Kebhinekaan Sejak Dini


KMP - Komando Distrik Militer (Kodim) 0725/Sragen melaksanakan berbagai kegiatan dalam rangka Pekan Pancasila. Salah satunya dengan sosialisasi ke sekolah-sekolah, seperti di SMP 1 Sidoharjo. Sosialisasi yang dikemas dalam outbond ringan ini dilakukan sebagai upaya menanamkan kebhinekaan sejak usia dini.

Selain murid kelas 9, kegiatan juga diikuti para guru dan karyawan sekolahan tersebut. Sebagaimana dilansir suaramerdeka.com, Dandim 0725/Sragen Letkol Arh Casmas Sigit Prasetyo melalui Pasi Teritorial Kapten Arh Jumadiyono mengatakan acara ini memang dalam rangka melaksanakan Pekan Pancasila dalam rangka Hari Lahirnya Pancasila.

“Kegiatan wawasan kebangsaan seperti ini guna memperdalam pemahaman penghayatan pengamalan Pancasila,” kata Kapten Jumadiyono.

Kegiatan juga untuk mendorong minat para generasi muda terhadap Pancasila, sehingga diharapkan seluruh komponen khususnya generasi muda dapat menerapkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila di kehidupan sehari-hari.

“Dalam kegiatan ini kami mengajak para pelajar untuk mengenal tentang Pancasila, guna memicu kemampuannya memahami, menghayati dan mengamalkan Pancasila, sehingga nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila tidak hanya sebagai hafalan saja, tapi untuk diamalkan dan dipedomani dengan baik guna menumbuhkan rasa cintah tanah air, cinta bangsa dan negara Indonesia,” tutur Pasiter.

Meski dalam suasana puasa, para murid sekolah terlihat sangat antusias, karena kegiatan seperti ini sangat jarang dilakukan dan mereka berharap kegiatan ini dapat diadakan setiap tahunnya, agar dapat menumbuhkan rasa cinta tanah air berbangsa dan bernegara.

Materi yang diberikan dalam kegiatan ini antara lain tentag kewaspadaan bangsa, Bhineka Tunggal Ika, PBB dan permainan outbond ringan seperti estafet air, permadani terbang, buldozer, bola tali dan holahop yang disampaikan oleh Kapten Arh Jumadiono dan Sertu Samsul. (KMP-4)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pekan Pancasila, Kodim Sragen Tanamkan Kebhinekaan Sejak Dini "

Posting Komentar