Ratusan Penambang Pasir Progo Protes BLH


KMP – Tak kurang dari 150 penambang rakyat dari kawasan Babakan, poncosari, Srandakan, Bantul srta penambang dari Bleberan dan Sawahan, Galur, Kulonprogo mendatangi Kantor Bdan Lingkungan hidup (BLH) DIY, Senin (12/6). Mereka memprotes izin penambangan dengan alat berat.

Yunianto, Sekretaris Kelompok Penambang Progo (KPP) mengatakan, warga menyesalkan sosialisasi oleh pengaju Izin usaha Penambangan (IUP) yang hanya melakukan sosialisasi di Galur tapi tidak pernah mau sosialisasi di Poncosari. Padahal, sesuai IUP yang dikeluarkan ESDM penambangan mencakup dua tempat.

“Dua tempat itu di Galur dan Srandakan. Tapi mereka hanya mau sosialisasi di Galur, tidak pernah mau sosialisasi di Srandakan. Apalagi, sesuai pemetaan penambang ini akan berdampak langsung pada mata pencaharian mereka,” ucap Yunianto, Senin.

Ia menjelaskan, jika mengacu IUP yang dikeluarkan maka penambangan dengan ekskavator akan menjangkau wilayah penambang rakyat. Dengan begitu, 150 penambang akan kehilangan mata pencaharian. Belum lagi, ratusan penambang di sisi selatan juga terkena imbas jika dilakukan pengerukan di bagian atas.

“Kalau di atasnya dikeruk dengan ekskavator, maka otomatis airnya akan semakin deras. Dan itu jelas akan berdampak pada ratusan penambang di sisi selatan,” katanya seperti dikutip wartahukum.id.

Ia menambahkan, dua bulan lalu pihaknya sudah mengirimkan perwakilan. Pihaknya juga sudah mengirimkan surat ke dinas terkait untuk membatalkan IUP karena belum ada sosialisasi kepada masyarakat. Sayang, permintaan itu tidak direspons dan perizinan masih tetap berjalan.

Eko Nur, Perwakilan Paguyuban Penambang Pasir Ayem Temtrem Dusun Babakan, Poncosari menambahkan, piaknya khawatir karena berbagai kepentingan tidak prorakyat maka kepentingan rakyat justru terkalahkan. Bahkan jika dipaksakan dikhawatirkan justru akan menimbulkan konflik horizontal antara warga di Kulonprogo dan Bantul.

“Harapan kami dari KPP, sebelum izin penambangan rakyat bisa dilayani oleh provinsi stop pengeluaran izin untuk pengusaha. Selama ini, pemerintah lebih membuka ruang untuk pengusaha daripada penambang rakyat,” katanya.  (KMP-2)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ratusan Penambang Pasir Progo Protes BLH"

Posting Komentar