Cari RS Syariah di Bantul? Datang Saja ke RS Nur Hidayah


KMP - Rumah sakit menerapkan pola syariah dalam pelayanan dan juga pengobatan adalah hal baru. Bahkan untuk RS tipe D di Indonesia, baru RS Nur Hidayah Jalan Imogiri Timur Km 11,5 Jetis yang sudah diverifikasi oleh Dewan Syarih Nasional (DSN) Majelis Ulama Indonesia (MUI), Sabtu (10/6) siang.

Tim yang dipimpin DR HM Dawud Arif Khan Msi tersebut bertemu langsung dengan Ketua Yayasan Nur Hidayah, DR dr Sagiran Mkes, SpB, Direktur dr Arus Ferry  dan juga para staf RS untuk melakukan wawancara. Tim melihat juga administrasi serta berkeliling di RS untuk melihat berbagai fasilitas penunjang layanan syariah.

“Banyak yang bertanya apa itu rumah sakit syariah?. Inilah yang sekarang kita sosialisasikan,” kata dr Sagiran disela acara.

Rumah sakit syariah tentu saja rumah sakit yang menanamkan nilai-nilai syariah di dalam pelayanan kepada pasien. Misalnya di  lingkungan RS dipasang tulisan dan doa sebagai pengingat dan penyemangat bagi pasien yang sakit.

Saat  pengobatan, dokter atau perawat akan mengajak  berdoa dan mengingat Allah SWT sebelum diambil tindakan medis. Untuk penanganan pasien yang melahirkan sudah ada dua dokter perempuan. Selain itu, ada juga selimut medis khusus bagi  pasien. Sehingga saat yang bersangkutan harus diperiksa dokter yang berlainan jenis, hanya bagian yang diperiksa saja yang terbuka.Sementara bagian tubuh lainnya terselimuti dan tidak terlihat.

Untuk ruangan, walaupun berada di kelas 3 yang berjajar banyak tempat tidur tetapi tetap dipasang tirai antar pasien agar ada privacy. Begitupun di setiap bangsal disediakan mukena, sajadah, tempat wudhu bahkan untuk tayamum dengan debu bersih juga disiapkan. Sehingga kendati sakit urusan ibadah tidak keteteran baik kepada yang sakit ataupun penunggunya.

“Pelayanan ini bukan hanya bagi mereka yang muslim namun  kita juga melayani pasien dengan keyakinan atau agama lain. Inilah yang disebut Islam Rahmatan Lil Alamin,” kata dokter yang terkenal karena menangani ’manusia paku’ Supiyati beberapa tahun silam ini.

Bagi yang beragama lain, tentu  akan dipanggilkan tokoh agama sesuai agama yang dianut untuk memimpin doa. Sehingga rumah sakit yang sudah menerima sertifikat syariah dari Majelis Upaya Kesehatan Islam Seluruh Indonesia (Mukisi) ini memiliki link ke tokoh-tokoh agama lain.

“Dengan pendekatan religi terbukti mampu membantu kesembuhan pasien. Sehingga lama tinggal di rumah sakit juga lebih singkat serta mengurangi penggunaan obat-obatan,”katanya. (KMP-3)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cari RS Syariah di Bantul? Datang Saja ke RS Nur Hidayah"

Posting Komentar