THR Tak Dibayarkan, Laporkan di Posko Ini


KMP - Setiap proses penanganan yang berkaitan dengan ketenagakerjaan kini kewenangannya ada di Pemda DIY. Namun demikian, Pemerintah Kota Yogykarta secara khusus tetap membuka posko tunjangan hari raya (THR).

Posko yang sudah mulai dibuka dan akan di lakukan hingga H+ 7 Lebaran tersebut hanya untuk menerima setiap aduan serta mengawal pembayaran THR. Posko yang dibuka Pemkot Yogyakarta berada di Kantor Koperasi UKM Tenaga Kerja dan Transmigras di Kompleks Balaikota.

Menandai telah di bukanya poskosejumlah petugas memasang spanduk posko pengaduan. Selain menerima aduan terkait THR, posko yang rutin dibuka setiap tahun ini juga dapat di gunakan untuk konsultasi bagi perusahaan terkait THR.

"Pengawas ketenagakerjaan per 1 januari 2017 memang dilimpahkan semuanya ke provinsi. Sehingga ketika ada masalah industrial, maka penyelesaiannya di provinsi. Tapi kami masih memiliki kewenangan untuk monitoring dan pembinaan. khusus pembayaran THR, akan kami kawal sepenuhnya," papar kepala Dinas Koperasi UKM Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogya, Lucy Irawati, kemarin.

Sesuai permenaker, kata dia, pekerja yang sudah mulai bekerja satu bulan sudah mendapatkan THR namun besarannya bervarasi. Bagi yang sudah bekerja minimal 12 bulan, maka THR yang diberikan ialah satu kali upah dalam sebulan. sementara yang kurang dari 12 bulan, dihitung secara proporsiona. THR wajib diberikan dalam bentuk uang tunai, dan bukan barang.

“THR sifatnya wajib. Bagi yang tidak membayarkan, bisa dikenai ancaman pidana berupa kurungan maksimal 6 bulan dan atau denda paling banyak Rp50 juta. Sanksi itu diatur dalam Perda Kota Yogya no.13 tahun 2009, “ tambah Bob Reinaldi, Kasi Hubungan Industrial. (KMP-5) 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "THR Tak Dibayarkan, Laporkan di Posko Ini"

Posting Komentar