Warga: Tinggal Bersama TNI Kami Harus Cepat Beradaptasi


KMP - Sekitar 22 rumah milik warga di tiga dusun, Kajor Wetan, Nawungan I dan II Kecamatan Imogiri Bantul akan menjadi lokasi bagi para tentara yang turun dalam program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler edisi ke-99 yang dimulai 4 Juli mendatang. Warga pun membuka pintu lebar rumahnya meski mereka juga meminta kepada para prajurit untuk cepat beradaptasi.

“Silakan datang dan tinggal bersama kami di rumah sederhana kami. Kami membuka lebar kehadiran tentara nanti,” tutur Juliyanto, salah seorang warga yang kebetulan rumahnya akan ditempati para tentara pada TMMD nanti.

Selama sebulan menjadi induk semang bagi sekitar empat sampai tujuh prajurit yang tinggal bersamanya sementara waktu, Juliyanto sudah menyiapkan sebuah ruangan kosong yang cukup lebar dan luas. Ruangan itu merupakan satu dari tiga ruangan yang tersedia di rumahnya yang berada di Dusun Nawungan I.

“Kalau dua ruangan yang ada itu bentuknya kamar dan sudah saya pakai untuk keluarga. Tapi masih ada satu ruangan yang luas bisa dibuat seperti barak-lah,” ungkap pria yang kebetulan merupakan Kepala Dusun Nawungan I itu.

Menurut Juliyanto, di dusunnya ada sekitar 14 rumah yang akan dipakai sebagai tempat tinggal sementara bagi prajurit. Begitu juga di Dusun Nawungan II dengan jumlah yang sama. Jauh-jauh hari sebelum TMMD dimulai, dirinya dan warga yang rumah mereka akan dipakai sebagai tempat tinggal sementara sudah mengikuti sosialisasi terkait hal tersebut. Hanya yang masih menjadi sedikit ganjalan adalah bisa tidaknya para tentara nanti mengikuti ritme si induk semang,misalnya terkait makanan sehari-hari.

“Kalau kami di keluarga sehari-hari ya makannya jangan mbayung dan kates. Kira-kira mau nggak ya mereka nanti. Tapi mau tidak mau para tentara harus bisa cepat beradaptasi,” paparnya.

Dalam hal makan, lanjut Juliyanto, pengurus dusun setempat sudah bersepakat akan menyerahkan hal tersebut ke ibu-ibu PKK. “Nanti ibu-ibu PKK yang akan memasak makanan ya untuk kami sekalian juga untuk para tentara. Yang jelas nanti akan ada makanan sehari tiga kali,” tandas dia. (KMP-4) 


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Warga: Tinggal Bersama TNI Kami Harus Cepat Beradaptasi"

Posting Komentar