Bangun Zona Cakar, GL Zoo Impor 3 Satwa Baru


KMP – Gembira Loka Zoo (GL Zoo) terus melengkapi sarana prasarana pendukung serta koleksi satwaa yang dimiliki. Saat ini, kebun binatang terbesar di DIY – Jawa Tengah sedang memproses impor tiga satwa baru untuk melengkapi zona baru yang juga tengah dibangun.

Direktur Utama GL Zoo KMT A Tirtodiprojo mengungkapkan, tiga satwa baru yang tengah diimpor adalah black jaguar, spotted hyena, dan singa jantan. Ketiga satwa tersebut diimpor dari Amerika Latin dan Afrika dan diperkirakan sudah tiba di GL Zoo pada akhir tahun ini.

“Kita impor dari luar, akhir tahun ini sudah datang dan bisa dinikmati pengunjung. Sekarang kami sedang mempersiapkan kandangnya,” ucap pria yang akrab disapa Joko Tirtono ini di sela syawalan karyawan GL Zoo di Kompleks Mayang Tirta, Kamis (20/7).

Menurut Joko, seperti sebelumnya, satwa –satwa yang diimpor merupakan satwa surplus di kebun binatang asalnya dan diberikan secara hibah. Namun demikian, hibah biasanya diberikan dengan syarat penerima memiliki kandang satwa yang sesuai standar yang ditentukan. “Karena itu sedang kita siapkan kandangnya,” kata dia.

Joko mengatakan, kandang tiga satwa yang diimpor termasuk dalam bagian prograam zonasi kandang yang tengah digarap GL Zoo. Kali ini, GL Zoo tengah membangun zona cakar (scratch zone) yaang berlokasi di bekas kandang unta di sisi barat.

Nantinya, di zona dengan luas 1,5 hektare tersebut akan terdapat 13 jenis satwa bercakar mulai dari beruang, kucing-kucing kecil, beberapa harimau, singa, black jaguar, juga hyena. Proses pembangunan kandang dilakukan dengan estimasi anggaran mencapai Rp5,5 miliar.

Joko menambahkan, akhir tahun ini zona cakar sudah daapat dinikmati pengunjung meski belum 100 persen. Fasilitas baru ini, lanjut dia, baru benar-benar siap pada awal tahun depan. “Di tahun ini juga kami sedang menyelesaikan beberapa pekerjaaan seperti central service dan membenahi beberapa sarana pendukung lain,” tambahnya. (KMP2)



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bangun Zona Cakar, GL Zoo Impor 3 Satwa Baru"

Posting Komentar