Berkat TMMD Reg Kodim Bantul, Hutan Kini Berubah Akses Jalan


Bantul (KMP) -  Luar biasa...! kalimat itu layak diungkapkan saat menlihat perubahan secara signifikan di Dusun Kajor dan Dusun Nawungan, Desa Selopamioro, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul. Selopamioro yang wilayahnya dikelilingi perbukitan dan hutan, kini nyaris berubah total. Hutan dan perbukitan batu yang dulunya hanya terdapat pepohonan liar dan akses jalan setap, kini terdapat akses jalan yang luas dan mulus. Tidak hanya bisa dilalui oleh kendaraan roda 2 saja. Mobil pun dapat melintas tanpa hambatan.

Perubahan di Desa Selopamioro, khususnya di Dusun Kajor dan Dusun Nawungan itu tidak bisa dilepaskan dari program program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-99 tahun 2017 di wilayah Kodim 0729/Bantul.

Meskipun akses jalan yang menghubungkan Dusun Kajor dan Dusun Nawungan itu kini masih dalam tahap penyempurnaan, tapi jalan tersebut sudah dapat dimanfaatkan oleh warga di kedua dusun. Warga yang hendak berkunjung saudara atau rekannya di dusun lainnya, atau pergi ke sawah serta membawa hasil panen bumi, kini sudah tak perlu lagi mengambil jalan sebelumnya, jalan yang cukup jauh dan memakan waktu lama.

“Sebelum dibangunnya akses jalan ini, dulunya wilayah ini adalah hutan. Bukit berbatu. Pepohonan liar dan jurang. Kini setelah kita lakukan bedah bukit, maka sekarang telah menjadi jalan dan memberikan manfaat bagi masyarakat,” terang Danramil Imogiri, Kapten Inf Surono.

Menilik sebelumnya, jalan yang saat ini sudah bisa dilalui warga awalnya adalah hutan bukit. Warga yang harus pergi ke sawah dan membawa hasil panen kesulitan karena hau menempuh jalan yang jauh dan memakan waktu. Sehingga, warga membutuhkan akses jalan. Melalui TMMD Reguler Kodim Bantul, maka bukit tersebut dibedah. Menerjunkan alat berat, saban hari setahap demi setahap bukit terjal dan bebetauan berhasil dikeruk dan diratakan. Popohonan pun berhasil pula ditumbang guna akses jalan.

Kini, menginjak pekan ketiga pelaksanaan TMMD Reguler Kodim Bantul, akses jalan sudah mengubah hutan menjadi jalanan yang bagus dan memberi manfaat besar bagi warga. (KMP-1)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Berkat TMMD Reg Kodim Bantul, Hutan Kini Berubah Akses Jalan "

Posting Komentar