Dana Rp10 Juta untuk Rehab Satu Rumah Tak Layak Huni


KMP – Pekerjaan rehab rumah tak layak huni (RTLH) dalam Program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-99 mulai dilakukan sejak kemarin (11/7). Dana sebesar Rp 10 juta diperlukan untuk merehab satu RTLH dari total empat sasaran rumah yang sebagian besar berada di perbukitan Selopamioro, Imogiri, Bantul, tersebut.

Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0729/Bantul Mayor Inf Suwarno menjelaskan, setiap satu unit rumah mendapatkan alokasi dana pekerjaan sebesar Rp 10 juta yang merupakan bantuan dari Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Bantul. Jadi untuk empat rumah setidaknya ada bantuan alokasi dana mencapai Rp 40 juta. Selain itu secara pribadi Dandim 0729/Bantul Letkol Inf Agus Widianto juga memberikan bantuan 10 sak semen untuk satu unit rumah yang direhab.

“Penyerahan bantuan sudah dilakukan kemarin saat kami mengecek progres TMMD Reguler ke-99 yang sudah berjalan selama sepekan terakhir. Untuk rehab RTLH sudah berjalan dan harus selesai saat TMMD berakhir,” papar Kasdim.

Sementara untuk empat rumah RTLH yang menjadi sasaran yakni rumah milik Ginem di Dusun Siluk 2 RT 05 perbaikan pondasi dan dinding), Dullah Satari di Dusun Siluk 2 RT 06 (pondasi dan dinding). Kemudian Sarjiyem di Dusun Kajor Wetan RT 05 (pondasi dan lantai) serta Suyono juga di Kajor Wetan RT 01 (pondasi dan dinding). 

“Rehab RTLH mulai kami lakukan kemarin (11/7). Dari lima rumah, akhirnya empat yang dilakukan rehab. Satu rumah dinilai tidak masuk dalam kategori RLTH,” tutur mantan Kasdim 0734/Yogyakarta itu. 
Sementara itu salah satu rumah yang menjadi sasaran rehab seperti milik Mbah Ginem kondisinya memang sangat memprihatinkan, dan tak layak disebut  rumah hunian atau rumah tinggal. Sejak dibangunnya rumah itu puluhan tahun silam, belum pernah direnovasi karena tidak cukup memiliki uang.

Mbah Ginem, wanita yang sudah memasuki usia uzur ini pun tak mampu menahan air matanya begitu mengetahui rumahnya akan direhab. Dengan rasa haru dan bangga Mbah Ginem berterima kasih yang tak terhingga kepada TNI yang bersedia membantu merehab rumahnya. (KMP-4)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Dana Rp10 Juta untuk Rehab Satu Rumah Tak Layak Huni"

Posting Komentar