Kecanduan Game? Coba Atasi Dengan Metode el-ROBO


KMP - Salah satu masalah yang sering dihadapi orang tua di era globalisasi saat ini adalah kecanduan game pada anak-anak bahkan kalangan remaja. Kecanduan game tentu saja berdampak buruk pada jasmani, psikologi maupun sosial.

Berangkat dari persoalan tersebut, sekelompok mahasiswa Fakultas Teknik UNY mencari solusi terbaik. Karena kecanduan game hanya akan menghambat produktivitas dan memengaruhi proses pendewasaan diri seseorang.

"Kami pun mencoba cara pembelajaran dengan robot. Metode ini kami beri nama el-ROBO atau education and learning robotic. Pelatihan el-ROBO tersebut bertujuan untuk mengurangi kecanduan bermain game dengan mengganti bermain dan belajar robot. Sehingga anak merasa masih dalam lingkup bermain," ujar Ketua Tim el-ROBO Ide Ayu Astuti, Selasa (11/7).

Bersama rekan-rekannya yang lain yakni Lutfi Nur Indrawan, As Antshori dan Andry Setianto, mereka mengadakan pelatihan robotika ke sekolah-sekolah di Yogyakarta sebagai uji coba. Menurut Ide Ayu, belajar robotika juga dapat melatih kemampuan berpikir kreatif dan mengenalkan anak tentang dunia teknologi yang terus berkembang sampai saat ini.

"Materi dalam pelatihan el-ROBO sendiri kami desain untuk mengenalkan anak tentang dasar-dasar robotika. Misalnya seperti apa itu robot, bagaimana macam-macam bentuk robot, tugas-tugas robot, serta bagaimana dasar robot itu agar bisa bergerak dengan sendirinya," terangnya.

Diungkapkan Ide Ayu, el-ROBO mengangkat pelatihan dan produksi robot berbasis joystick playstation. Hal itulah yang lebih mudah menarik perhatian anak-anak dalam belajar suatu teknologi dan bukan game yang justru menghambat belajar anak. Pelatihan el-ROBO inipun diharapkan dapat mengurangi anak dalam kecanduan game dan membuat anak belajar untuk berfikir kreatif dan inovatif.

Produk yang dihasilkan el-ROBO berupa robot sumo dan transporter serta pelatihan pengoperasiannya. Timnya pun menggunakan tenaga ahli yang sudah berpengalaman mengajar dalam bidang robotika guna mempersiapkan siswa terampil, kreatif, inovatif dan kompetitif. (KMP-7)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kecanduan Game? Coba Atasi Dengan Metode el-ROBO "

Posting Komentar