KNPI Semarang Ingin Pemuda Jadi Benteng Pancasila



KMP - Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Semarang menggelar acara Dialog Keagamaan dan Halal Bihalal. Acara yang mengusung tema Keberagaman Dalam Bingkai Kebhinekaan itu berlangsung di ruang rapat Hotel Siliwangi, Jalan Bulu, Kota Semarang.

Dikutip dari laman suaramerdeka.com, hadir di tengah sebagai narasumber, Ketua Pendeta Seluruh Indonesia, Pdt Tjahyadi Nugroho, Ketua Forum Kerukunan Umam Beragama (FKUB) Muda Jateng, Iman Fadhilah, dan Brigjen Nugroho Sulistiyo Budi. Selain tiga pembicara tersebut, turut hadir, Ketua DPRD Kota Semarang, Supriyadi, Ketua KNPI Kota Semarang, Choirul Awaludin, dan perwakilan Pemerintah Kota Semarang.

Ketua DPD KNPI Kota Semarang, Choirul Awaludin dalam sambutannya mengatakan, kegiatan tersebut sebagai kepedulian kaum muda Kota Semarang dalam menjaga perdamain dari maraknya perpecahan. Dia menambahkan, para pemuda harus mengedepankan makna Bhineka Tunggal Ika. Dikatakan, pemuda menjadi salah satu elemen bangsa yang menjadi benteng Pancasila. “Pemuda harus mampu mengamalkan Pancasila. Kenapa harus dari pemuda, karena pemimpin masa depan adalah pemuda hari ini,” katanya.

Pendeta Tjahyadi Nugroho dalam paparannya menjelaskan, bangsa Indonesia harus memegang teguh Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika. Menurut dia, jika hal tersebut dapat diwujudkan, maka cita cita bangsa untuk akan terwujud. Yakni keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia. Pendeta Tjahyadi Nugroho juga mendorong agar masyarakat memiliki jati diri bangsa yang kuat.

“Kalau jadi umat Islam, jadilah Islam Indonesia jangan seperti Arab. Sebaliknya kalau jadi penganut umat Kristen, maka jadilah Kristen Indonesia jangan seperti Belanda ataupun negara Eropa lainnya. Jadilah bangsa Indonesia yang memilki jati diri yang utuh,” katanya.

Acara halal bihalal DPD KNPI Kota Semarang sendiri dibuka langsung Ketua DPRD Kota Semarang, Supriyadi. Dalam sambutannya dia mengatakan, bangsa Indonesia berdiri tidak hanya dari satu golongan, tetapi dari berbagai golongan yang dibingkai dalam kebhinnekaan.


“Bangsa ini dibangun dari berbagai entitas yang berbeda beda,” katanya. (KMP-4)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "KNPI Semarang Ingin Pemuda Jadi Benteng Pancasila"

Posting Komentar