Luar Biasa, Pemkot Yogya Borong 5 Penghargaan Kota Layak Anak


Yogya (KMP) – Penghargaan sepertinya belum akan berhenti menghampiri Kota Yogyakarta. Terbaru, Pemkot Yogya memborong lima penghargaan sekaligus pada ajang penghargaan kabupaten/kota layak anak 2017. Penghargaan digelar di Kota Pekanbaru, Riau, Sabtu malam (22/7) lalu.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PP & PA) Yohana Yambise dan diterima Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi.

Kelima penghargaan yang berhasil diborong Pemkot Yogya antara lain kategori Kota Layak Anak, Pengembangan Forum Anak, Cakupan Akta Kelahiran Anak, Tunas Muda Pemimpin Indonesia dan DAFA Award.

Menteri Yohana dalam sambutannya mengungkapkan, penghargaan diberikan kepada 126 Kabupaten/Kota se-Indonesia. Penghargaan tersebut dibagi menjadi beberapa tingkatan, yakni utama, nindya, madya, dan pratama.

“Penghargaan tidak diberikan sembarangan, melainkan melalui proses panjang penilaian yang dilakukan tim evaluasi yang independen dan memiliki kredibilitas, sesuai indikator yang ditetapkan,” terangnya.

Ia berharap penghargaan ini menjadi motivasi bagi kabupaten/kota agar lebih semangat lagi mewujudkan daerah yang benar-benar layak anak. Ia mengingatkan bahwa tanggungjawab pemerintah saat ini semakin berat dan penuh tantangan.

Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi mengaku bangga atas torehan prestasi tersebut. Ia juga mengapresiasi kerja keras seluruh jajaran SKPD dalam memberikan layanan optimal. Khususnya bagi Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak yang telah berhasil membawa nama baik Kota Yogyakarta.

“Penghargaan ini merupakan bukti komitmen Pemkot Yogyakarta dalam mewujudkan kota layak anak sekaligus bukti kepedulian Pemkot terhadap hak-hak anak,” tandasnya.

Heroe menambahkan, Pemkot baru saja membentuk dan mengukuhkan Forum Anak Kota Yogyakarta (FAKTA) periode 2017- 2019. Komitmen Pemkot dalam pembentukan Kota Layak Anak juga diperkuat dengan adanya Peraturan Walikota Yogyakarta nomor 34 tahun 2015 tentang Rencana Aksi Daerah Pengembangan Kota Layak Anak Kota Yogyakarta tahun 2015-2019.

“Sebagai instrumen dalam mewujudkan Kota Layak Anak. Perwal ini dibuat guna menjamin terpenuhinya hak anak agar dapat hidup, tumbuh, berkembang dan berpartisipasi secara optimal sesuai dengan harkat martabat kemanusiaan” ujarnya.

Plt Kepala DPMPPA Octo Noor Arafat menambahkan penghargaan KLA tahun ini menjadi evaluasi bagi DPMPPA untuk melihat kembali upaya penguatan pemenuhan dan perlindungan hak anak secara lebih komprehensif. “Perlu komitmen lebih kuat dari semua pemangku kepentingan termasuk masyarakat, dunia usaha dan media untuk mewujudkan kota layak anak,” jelasnya. (KMP2)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Luar Biasa, Pemkot Yogya Borong 5 Penghargaan Kota Layak Anak"

Posting Komentar