Warga Perbukitan Selopamioro Terbantu Satgas TMMD Ikut Ronda Malam



Bantul (KMP) - Sudah lebih dari tiga pekan program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-99 berlangsung di kawasan perbukitan Selopamioro, Imogiri, Bantul. Selain adanya pembangunan sejumlah sasaran fisik dan nonfisik, warga setempat pun merasa terbantu dengan keikutsertaan Satuan Tugas (Satgas) TMMD dalam kegiatan-kegiatan masyarakat. Salah satunya ronda malam.

“Satgas TMMD tak malu-malu untuk ikut ronda malam. Ini menunjukkan kalau mereka tak jaim (jaga image) dengan warga sekitar serta mau membaur,” tutur Kades Selopamioro, Himawan, kemarin.

Seperti yang dilakukan prajurit Satgas TMMD di Dusun Lanteng 2, Desa Selopamioro. Setiap malam 3-5 orang prajurit Satgas turut ronda dan patroli keliling bersama warga. Prajurit Satgas TMMD dan warga yang jatah ronda berjalan mengeliling gang-gang sempit sembari mengawasi keadaan lingkungan.
Dengan fenomena ini pula, bukan warga saja yang merasakan aman, namun lebih dari itu, warga yang jatah ronda pun nampak lebih bersemangat. Suasana pos ronda yang sebelumnya sunyi sepi, sejak kehadiran prajurit Satgas TMMD Kodim Bantul, kini terasa lebih hidup, ramai dan tidak sepi. Bahkan, beberapa pemuda dusun pun saban malam turut datang di pos ronda, bercanda dan bercengkerama bersama.

“Kami warga Lanteng 2 sangat senang, bapak-bapak tentara selama tinggal di dusun kami ikut menemani kami ronda malam. Warga merasa lebih tenang dan merasa jauh lebih aman. Suasana pos ronda pun lebih rame,” sambung salah seorang warga Lanteng 2, Panut.

Total ada sebanyak 150 prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas TMMD yang selama satu bulan tinggal menetap bersama masyarakat. Mereka benar-benar sudah menyatu dengan warga setempat. Sebanyak 150 prajurit Satgas yang tersebar di sejumlah dusun di Desa Selopamioror, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul sudah ibarat hidup ditengah keluarga sendiri.

“Hal ini dibuktikan dengan seluruh prajurit yang saban malam ikut giliran jatah ronda malam bersama warga. Tak pelak, dengan keikutsertaan prajurit Satgas TMMD Kodim Bantul dalam ronda malam, masyarakat semakain merasakan tenang, nyaman dan damai menikmati istirahatnya,” tandas Dansatgas TMMD Letkol Inf Agus Widianto. (KMP-4)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Warga Perbukitan Selopamioro Terbantu Satgas TMMD Ikut Ronda Malam"

Posting Komentar