Andika Pandu : Strategi Ekonomi Pemerintah Gagal Atasi Middle Income Trap


Bantul (KMP) - Indonesia merupakan negara dan bangsa yang besar, yang memiliki sumber daya manusia dan sumber daya alam besar pula. Namun demikian, sumber kekayaan tersebut belum sepenuhnya dapat dinikmati oleh bangsa sendiri. Dulu kekayaan Indonesia dinikmati penjajah, dan saat ini dinikmati oleh segelintir orang saja.

Di sisi lain, bangsa ini juga terancam hanya akan menjadi negara berpenghasilan menengah dikarenakan strategi ekonomi bangsa ini gagal mengatasi middle income trap atau perangkap pendapatan menengah. Andika Pandu Puragabaya, anggota fraksi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Dapil DIY menyampaikan ini saat berkunjung ke Canden, Jetis, Bantul, Minggu (6/8) kemarin.

Menurut Pandu, yang disampaikan merupakan pemikiran serta pandangan dari Prabowo Subianto yang dituangkan dalam buku bertajuk ‘Paradoks Indonesia’. Dalam buku tersebut, Prabowo menyoroti sisi ironis dari Indonesia sebagai negeri yang kaya raya namun mayoritas rakyatnya masih hidup di bawah garis kemiskinan.


“Bapak Prabowo Subianto mengungkap ironi kondisi bangsa dan negara ini yang dituangkan dalam bukunya 
berjudul Paradoks Indonesia. Bapak Prabowo menilai paradoks itu muncul karena adanya ketimpangan dari sebuah negeri yang kaya raya, melimpah ruah harta kekayaannya namun tak bisa dinikmati oleh rakyatnya,” kata Andika Pandu.

Prabowo dalam buku tersebut, lanjut Andika Pandu,  juga menyoroti sisi ironis lainnya dari bangsa Indonesia. Di mana, meski pertumbuhan ekonomi meningkat seberapa persen pun, tidak ada artinya jika tidak disertai dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Sementara, dalam kesempatan kunjungannya itu, Andika Pandu juga memberikan bantuan 4 ribu buku tulis serta 200 gerobak angkringan kepada masyarakat di wilayah setempat.

“Dengan bantuan gerobak angkringan ini diharapkan dapat membantu ketahanan ekonomi masyarakat di Yogya. Karena dengan pembangunan ekonomi yang nyata, sesungguhnya adalah melalui penguatan ekonomi masyarakat. Intinya, dari Yogyakarta mari kita selamatkan Indonesia,” tandas Andika Pandu kepada Kabarmerahputih.net. (KMP2)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Andika Pandu : Strategi Ekonomi Pemerintah Gagal Atasi Middle Income Trap"

Posting Komentar