Asik, Mahasiswa Baru UNY Dibekali Kemampuan Softskill


Sleman (KMP) - Mahasiswa baru UNY tahun ajaran 2017-2018 mendapat pembinaan terkait softskill sebelum proses perkuliahan resmi dimulai. Dalam kegiatan pembinaan tersebut, mahasiswa ditegaskan untuk wajib memiliki kompetensi agar dapat berprestasi di tingkat nasional maupun internasional.

"Kompetensi sangatlah penting karena dengan kompetensi yang baik, kita dapat mewujudkan peningkatan hardskill dan softskill mahasiswa. Pembinaan softskill sendiri diperlukan agar mahasiswa dapat memiliki ketrampilan berinteraksi dengan orang lain, karena manusia sulit untuk hidup tanpa adanya interaksi dengan manusia lain," ujar Rektor UNY Prof Dr Sutrisna Wibawa MPd.

Menurut Sutrisna, memiliki softskill yang baik juga menjadi kunci kesuksesan, baik dalam pekerjaan ataupun kehidupan bermasyarakat. Kegiatan pembinaan softskill di UNY sendiri adalah untuk menyiapkan calon mahasiswa untuk belajar di UNY secara mandiri karena pola belajar di perguruan tinggi berbeda dengan SMA.

"Selain mengajarkan cara bersikap, juga mengembangkan kecerdasan intelektual, emosi dan spiritual. Karena ketiga kecerdasan ini harus berimbang. Kami pun berharap mahasiswa baru dapat mengembangkan diri masing-masing karena student center learning menjadi yang terpenting pada mahasiswa di perguruan tinggi," imbuhnya.

Pembinaan softskill bagi mahasiswa baru UNY akan dilaksanakan hingga November 2017. Pelaksanaan pun dibagi atas beberapa tahap. Pada tahap awal akan dibina mahasiswa yang masuk melalui jalur SNMPTN, disusul SBMPTN dan Seleksi Mandiri.

Menurut Ketua Pelaksana kegiatan Nurtanio Agus Purwanto MPd, pembinaan softskill di UNY dilakukan dalam proses pembelajaran maupun ekstrakurikuler. "Salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang dapat membentuk softskill adalah organisasi mahasiswa," katanya.

UNY pun memfasilitasi pengembangan softskill mahasiswa secara bertahap sejak mereka diterima. Tujuannya untuk menghasilkan insan unggul, kreatif dan inovatif berlandaskan ketakwaan, kemandirian dan kecendekiaan. Kegiatan ini diikuti oleh 5.467 mahasiswa baru dari seluruh fakultas di UNY yang terbagi atas 114 kelas.

Materi yang disampaikan dalam pembinaan ini meliputi kebijakan UNY menuju keunggulan, transformasi kehidupan kampus, pembinaan pretasi mahasiswa, peningkatan kesejahteraan mental mahasiswa dan etika perilaku mahasiswa, pengembangan karir. Ada pula materi tentang membangun organisasi kemahasiswaan yang berkarakter, pengembangan karakter mahasiswa berbasis budaya lokal Indonesia, serta pemberdayaan potensi mahasiwa dan etika beragama. (KMP-7)



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Asik, Mahasiswa Baru UNY Dibekali Kemampuan Softskill"

Posting Komentar