Awasi Seleksi CPNS, Kanwil Kumham DIY Gandeng Ombudsman


Yogya (KMP) – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil Kumham) DIY menggandeng Ombudsman Republik Indonesia (ORI) perwakilan DIY untuk mengawasi proses seleksi CPNS di instansi tersebut. Kerjasama didatantangani, Rabu (9/8) di Kantor ORI DIY Jl Woltermonginsidi, Yogya.

Kepala Kanwil Kumham DIY Gunarso mengatakan, kerjasama dilakukan dengan ORI agar proses seleksi CPNS tahun 2017 berjalan dengan baik. Segala kemungkinan yang tidak diinginkan diharapkan benar-benar tidak terjadi dengan adanya pengawasan dari Ombudsman.

Menurut Gunarso, pengawasan diperlukan karena proses seleksi berlangsung cukup lama, yakni mulai 11 Juli hingga 13 Desember 2017. “Kami meminta Ombudsman untuk ikut terlibat dalam pengawasan untuk ikut memberikan jaminan hasil seleksi,” kata Gunarso seperti dikutip Wartahukum.id.

Ia menjelaskan, kerjasama dengan Ombudsman bukan yang pertama kali dilakukan instansinya. Tahun 2012 lalu, Kanwil Kemenkumham juga terlibat dalam peengawasan seleksi CPNS. Sedangkan seleksi tahun ini, Kanwil Kumham DIY membuka 186 formasi.

“Totalnya ada 168. Untuk SLTA ada 160 formasi untuk penjaga rumah tahanan daan lembaga pemasyarakatan, sisanya sarjana untuk pembimbing kemasyarakatan. Tapi proses seleksinya berbedaa. Yang SLTA di daerah, sedangkan S1 di Jakarta,” katanya.

Kepala ORI Perwakilan DIY Budhi Masthuri mengatakan, pengawasan terhadap seleksi CPNS sangat penting karena menjadi langkah awal untuk seleksi calon pelayan publik. Ombudsman, kata dia, akan ikut beran guna memastikan calon yang memiliki komitmen dan integritas terpilih tanpa ada penyimpangan.

“Di tengah masyarakat yang sangat terbuka, tentu saja punya ekspektasi yang tinggi terhadap kualitas pelayanan publik. Kalau tidak didukung kapsitas yang kapabel, maka nanti akan ada ketimpangan yang luar biasa,” katanya.

Ia menambahkan, titik rawan seleksi CPNS sudah ada sejak proses administrasi. “Sejak proses seleksi administrasi sudah rawan. Misalnya ada keluarga yang punya 2 anak dan semua mendaftarkan diri. Di mana ada keharusan menunjukkan KK yang asli, itu jadi persoalan,” katanya. (KMP2)



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Awasi Seleksi CPNS, Kanwil Kumham DIY Gandeng Ombudsman"

Posting Komentar