BATAN Ingin Reaktor Riset Lebih Dimanfaatkan Masyarakat


Sleman (KMP) - Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) bertekad lebih memberdayakan reaktor riset yang dimiliki. Lembaga pelaksana penelitian, pengembangan dan pendayagunaan ilmu pengetahuan dan teknologi nuklir ini kini memiliki tiga reaktor riset.

"Reaktor riset BATAN selama ini menjadi salah satu fasilitas utama bagi kami dalam pelaksanaan tugas dan fungsi. Namun kami lebih menginginkan jika fasilitas ini juga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat umum lebih jauh lagi," ujar Kepala BATAN Prof Djarot Wisnubroto, Jumat (4/8).

Diungkapkan Djarot, masih banyak potensi reaktor riset milik BATAN yang bisa dimanfaatkan lebih luas. Ketiga reaktor milik BATAN tersebut berada di Bandung, Yogyakarta dan Serpong. Dan selama lebih dari 50 tahun, BATAN telah berhasil mengoperasikan ketiga reaktor riset tersebut dengan aman dan tanpa sedikitpun kecelakaan.

"Sepertinya belum semua pihak tahu kalau Indonesia sudah punya reaktor riset. Karena itu, dengan upaya meningkatkan kapasitas ketiga reaktor riset dan mengetahui potensi pemanfaatannya, tentu kita semua bisa meningkatkan apa yang sudah dicapai selama ini," imbuhnya.

BATAN pun telah memanfaatkan reaktor riset mereka untuk memproduksi radioisotop, pengujian bahan/material, penelitian dan pemanfaatan aktivasi neutron serta sarana pendidikan dan pelatihan. Selain itu, reaktor riset BATAN selama ini juga sudah dimanfaatkan untuk menunjang kegiatan radiodiagnostik dan radioterapu di berbagai rumah sakit, dalam maupun luar negeri.

Ketua Dewan Riset Nasional Bambang Setiaji mengatakan, Indonesia membutuhkan PLTN, energi lain seperti air, matahari dan lainnya tidak akan bisa atau cukup menunjang industrialisasi nasional. "Karena itu akan kami lakukan sosialisasi dan pemahaman ke tingkat bawah. Banyak negara lain yang sudah sadar kebutuhan mereka akan nuklir, tapi kita belum," ujarnya. (KMP-7)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "BATAN Ingin Reaktor Riset Lebih Dimanfaatkan Masyarakat"

Posting Komentar