Begini Cara PSHK UII Agar Konstitusi Negara Lebih Membumi


Yogya (KMP) - Pusat Studi Hukum Konstitusi (PSHK) Universitas Islam Indonesia (UII) memperingati Hari Konstitusi yang jatuh pada 18 Agustus. Dalam peringatan tahun ini, PSHK UII menggelar diskusi guna makin membumikan konstitusi negara.

Ketua Panitia diskusi Aulia Rifqi Hidayat SH, Jumat (18/8) saat ditemui mengatakan, diskusi kali ini mengambil tema 'Konstitusi sebagai Rumah Rakyat'. Sesuai tema, PSHK UII ingin masyarakat Indonesia benar-benar bisa mengetahui dan memahami konstitusi negara Indonesia.

"Konstitusi merupakan harapan, sekaligus peraturan dasar atau aturan main kita dalam bernegara. Karena itu sudah seharusnya masyarakat tahu apa itu konstitusi dan apa saja isinya, agar bisa diimplementasikan," ujarnya.

Aulia Rifqi pun mengatakan, diskusi akan fokus membahas tiga subtema, yakni hak asasi manusia terkait konstitusi, urgensi menata ulang kelembagaan negara, serta soal partai politik dan pemilu. Diskusi tersebut juga menyoroti kelemahan dan kekurangan konstitusi Indonesia saat ini.

"Tidak menutup kemungkinan kami sendiri mengarah pada amandemen kelima UUD 1945. Karena kalau memang sudah tidak sesuai dengan kondisi sekarang, jalan keluarnya ya diubah. Apalagi pada dasarnya konstitusi itu hasil kesepakatan yang disesuaikan dengan kondisi saat konstitusi dibuat," jelasnya.

Cara lain PSHK UII membumikan konstitusi, menurut Aulia Rifqi ialah dengan melakukan kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Misalnya, PSHK UII telah turun langsung ke beberapa desa di DIY untuk penyuluhan dan sosialisasi terkait Peraturan Desa.

"Kami ingin pihak desa menaruh perhatian pada konstitusi soal desa. Apalagi otonominya sekarang sudah di tingkat desa. Jadi sudah seharusnya mereka tahu, mengerti dan bisa menerapkannya. Kami juga ingin mereka bisa benar-benar mengembangkan potensi desa masing-masing," paparnya. (KMP-7)



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Begini Cara PSHK UII Agar Konstitusi Negara Lebih Membumi"

Posting Komentar