Berkat AKIS, Produktivitas Peternak Kambing Kaligesing Meningkat


Sleman (KMP) - Para peternak kambing Kaligesing di Kabupaten Purworejo sampai saat ini masih saja mengalami persoalan produktivitas yang sama. Padahal, dengan praktik Agricultural Knowledge and Information System (AKIS), produktivitas peternak bisa maksimal.

"Inti dari semua persoalan peternak, seperti bibit, pakan dan penyakit lebih dikarenakan kurangnya informasi dan pengetahuan. Karena itu, dukungan berupa pengetahuan dan informasi bisa diwujudkan melalui AKIS," ujar Dosen Fakultas Pertanian Universitas Negeri Surakarta Dr Dwiningtyas Padmaningrum, Kamis (31/8).

Saat menyampaikan disertasi doktoralnya di Sekolah Pascasarjana UGM, Dwiningtyas mengatakan, AKIS merupakan program yang digerakkan pemerintah melalui tiga fungsi utama, yakni penelitian, penyuluhan dan pelatihan. Melalui teori sistem dan perspektif sibernetika, fungsi dan komunikasi subsistem AKIS bisa dilakukan untuk pengembangan peternakan kambing Kaligesing di Kabupaten Purworejo

"Sayangnya, praktik AKIS yang digerakkan pemerintah relatif belum berjalan baik. Sistem yang berjalan yang seharusnya saling berkomunikasi satu sama lain secara interaktif untuk menggerakkan fungsinya," imbuhnya.

Menurut Dwiningtyas, subsistem AKIS melalui fungsinya relatif telah memberikan kontribusi baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap peternakan. Namun, komunikasi antar subsistem AKIS yang bersifat sibernetik cenderung masih lemah. Untuk itu, perlu menggerakkan subsistem pengetahuan lokal.

"Subsistem pengetahuan peternakan lokal memiliki posisi yang sana dengan tiga pilar utama subsistem penelitian, pelatihan serta penyuluhan digerakkan oleh pemerintah. AKIS lokal menjadi relevan dalam konteks Indonesia, dimana otonomi daerah berdampak pada meningkatnya tuntutan pada daerah untuk mengelola kebijakan inovasi daerah," jelasnya. Ratih Keswara


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Berkat AKIS, Produktivitas Peternak Kambing Kaligesing Meningkat "

Posting Komentar