Dandim Yogya : Anggota Kodim Harus Jadi Contoh Berkendara di Jalan Raya


Yogya (KMP) – Kecelakaan di jalan raya menempati salah satu urutan teratas dalam menyumbang angka kematian. Perilaku berkendara serta kelengkapan kendaraan turut menjadi pemicunya. Komandan Kodim 0734/Yogyakarta Letkol Inf Rudi Firmansyah tak ingin anggotanya turut menjadi korban di jalan.

Letkol Rudi justru ingin anggotanya menjadi contoh perilaku berkendara yang baik bagi masyarakat di jalan raya.  Ini disampaikan Dandim saat pengecekan kendaraan di Makodim, Senin (7/8) pagi. “Anggota Kodim 0734/Yogyakarta harus tertib dalam berlalu lintas. Harus menjadi contoh bagi masyarakat,” ucap Dandim.

Dandim mengatakan, tertib berlalu lintas harus didukung kelengkapan kendaraan yang digunakan. Baik kelengkapan administrasi seperti SIM dan STNK, serta kelengkapan fisik seperti kaca spion, lampu sein dan lainnya.

“Kelengkapan administrasi sekaligus untuk mengantisipasi apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan saat berkendara di jalan raya, mengingat saat ini arus lalu lintas cukup ramai dan padat. Dengan kendaraan yang layak jalan, berfungsi semua komponen, surat-suratnya lengkap tentu akan mengurangi risiko kecelakaan,” jelas Letkol Rudi.

Pemeriksaan kendaaraan anggota Kodim 0734/Yogyakarta dilakukan usai upacara bendara Merah Putih mulai pukul 07.30 - 09.00 WIB. Kelengkapan kendaraan anggota baik roda 2 maupun roda 4 diperiksa oleh tim dari Denpom IV/2 Yogyakarta dipimpin Kapten Cpm Sucipto dibantu staf intel dan provost.

Pemeriksaan meliputi kondisi fisik kendaraan dan kelengkapan pribadi. Kondisi fisik kendaraan yang dicek meliputi sistem lampu, kondisi ban, spion, lampu sein, lampu rem, knalpot dan sabuk pengaman (mobil). Sedangkan untuk kelengkapan pribadi meliputi SIM Umum, SIM TNI, STNK dan KTA.

Kendaraan anggota yang tidak lengkap secara fisik dan administrasi, dicatat dan ditilang serta diperintahkan untuk segera melaksanakan pembaharuan. (KMP2)



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Dandim Yogya : Anggota Kodim Harus Jadi Contoh Berkendara di Jalan Raya"

Posting Komentar