Hadiri PKKMB, Ribuan Mahasiswa Baru Penuhi GOR UNY


Sleman (KMP) - Sebanyak 6.179 mahasiswa baru UNY memenuhi GOR UNY, Selasa (2/8) guna menghadiri pembukaan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB). Para mahasiswa baru UNY tersebut diminta untuk mulai membiasakan diri memiliki tradisi berprestasi.

"Perlu saya sampaikan, mahasiswa UNY selama ini telah bekerja keras dalam mengukir berbagai prestasi. Tradisi berprestasi ini selalu berlaku di berbagai lomba dan kompetisi, baik regional, nasional maupun internasional," ujar Rektor UNY Prof Dr Sutrisna Wibawa dalam sambutannya.

Selanjutnya, Sutrisna pun mengingatkan pentingnya para mahasiswa baru UNY dalam membekali diri sebagai sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing. Hal tersebut juga berkaitan dengan era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang sudah memasuki tahun kedua.

"Indonesia yang memiliki bonus demografi harus kita manfaatkan dengan baik, dengan menyiapkan SDM yang berkualitas agar Indonesia bisa lebih sejahtera. Inilah tantangan bagi adik-adik mahasiswa baru untuk membekali diri terhadap penguasaan IPTEKS," imbuhnya.

Diungkapkan Sutrisna, tantangan lain yang sangat penting dan harus dihadapi akhir-akhir ini adalah yang berhubungan dengan aspek sosial dan budaya. Kesenjangan sosial, berkurangnya rasa toleransi, lunturnya pemahaman dan pengamalan ideologi Pancasila, semangat kebangsaan dan Bhinneka Tunggal Ika.

"Saya perlu mengingatkan adik-adik mahasiswa baru, agar tidak saja menjadi mahasiswa yang berpengetahuan dan memiliki keterampilan. Kalian juga harus menjadi mahasiswa yang memahami permasalahan bangsa dan menjaga nilai-nilai Pancasila, kebangsaan, Bhinneka Tunggal Ika serta NKRI," tegasnya. (KMP-7)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hadiri PKKMB, Ribuan Mahasiswa Baru Penuhi GOR UNY"

Posting Komentar