Jaga NKRI, UIN SUKA Refleksikan Pancasila Lewat Keagamaan


Sleman (KMP) - Serangkaian peristiwa akhir-akhir ini yang dianggap mengganggu Pancasila sebagai ideologi negara juga menjadi perhatian UIN Sunan Kalijaga (SUKA) Yogyakarta. Merasa harus ikut berperan menjaga NKRI, UIN SUKA berkeinginan merefleksikan Pancasila lewat ajaran keagamaan, utamanya Islam.

"Kami merasa perlu pembangunan Pancasila melalui umat Islam. Ini agar umat Islam sendiri tidak terseret dengan tidak mengakui Pancasila. Kami pun akat turut ambil bagian dalam program pemerintah yang bisa kami ikuti dengan melakukannya di lingkungan kampus," ujar Rektor UIN SUKA Yogyakarta Prof Yudian Wahyudi MA PhD, Senin (7/8).

Kepada wartawan di kampus setempat, Yudian menuturkan, dalam merefleksikan Pancasila tersebut, pihaknya ingin pula mengajak berbagai perguruan tinggi lain, bahkan sekolah-sekolah dan pesantren. Hal tersebut dilakukan agar pembentengan bagi Pancasila sendiri bisa lebih luas dan mendalam, tidak hanya pada permukaan saja.

"Selama ini seolah-olah kami hanya menyerahkan persoalan Pancasila pada orang umum saja. Tapi kini kami sadar, kami harus ikut berperan. Kami harus menghadirkan argumen-argumen keagamaan untuk menangkal argumen-argumen yang menyesatkan tentang Pancasila," paparnya.

Dikatakan Yudian, UIN SUKA juga menilai penting untuk terus memperhatikan dan sedapat mungkin mencegah adanya berbagai kelompok-kelompok tertentu untuk mendelegitimasi atau mengganti ideologi Pancasila. Untuk itu, pihaknya menganggap penting dan strategis menggelar seminar nasional tentang Pancasila. Seminar sendiri akan dilaksanakan pada Rabu (9/8) mendatang.

Wakil Rektor I Prof Dr Sutrisno MAg mengatakan, materi terkait Pancasila di UIN SUKA selama ini telah masuk dalam kurikuler maupun kokurikuler. Di kurikuler, Panvasila masuk ke mata kuliah Pancasila dan Kewarganegaraan. Sedangkan kokurikuler, ditangani oleh Pusat Studi Pancasila.

"Kami berupaya tiap mahasiswa untuk tidak terkena 'virus' anti-Pancasila. Karena itu sejak dari mahasiswa baru, kami lakukan pengenalan budaya akademik dan kemahasiswaan di UIN SUKA. Kami juga memantau tiap kegiatan mahasiswa, baik di UKM maupun kegiatan di luar UKM," imbuhnya. (KMP-7)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jaga NKRI, UIN SUKA Refleksikan Pancasila Lewat Keagamaan"

Posting Komentar