Kinerja TKPK Optimal, Pemegang KMS 2017 Berkurang


Yogya (KMP) – Pemerintah Kota Yogyakarta terus berkomitmen menurunkan angka kemiskinan. Di sisi lain, pelayanan terhadap masyarakat kurang mampu terus diberikan. Salah satunya melalui fasilitas Kartu Menuju Sejahtera (KMS). Tahun ini, jumlah pemegang KMS dipastikan bakal berkurang.

Berdasarkan data Dinas Sosial Kota Yogya, pada tahun 2016 lalu, jumlah pemegang KMS di Kota Yogya mencapau 18.730 Kepala Keluarga (KK). Namun pada tahun ini, jumlahnya dipastikan berkurang menjadi 18.651 atau berkurang 79 KK.

“Meskipun jumlah penduduk miskin saat ini menurun 0,49 %, namun hal ini tidak membuat kita berpuas diri dan terlena,” kata Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi saat membuka workshop strategi membangun ketahanan sosial budaya masyarakat perdesaan dan perkotaan di Hotel Gaia Cosmo Yogyakarta, Kamis (3/8).

Wawali menegaskan, Pemkot tetap komitmen menurunkan angka kemiskinan di Kota Yogya. Salah satunya dengan membentuk Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) Kota Yogyakarta yang saat ini sudah ada 45 tim TKPK Kelurahan di Kota Yogyakarta.

Ia menuturkan, TKPK beranggotakan beberapa OPD terkait, tokoh masyarakat, pengusaha, dan unsur perguruan tinggi dengan mengemban tugas inti yakni melakukan upaya percepatan penanggulangan kemiskinan dan perluasan kesempatan kerja di Yogyakarta.

TKPK mempunyai empat strategi yang dikembangkan. Yakni mengurangi beban masyarakat miskin melalui bantuan Jaminan Kesehatan daerah (Jamkesda), Jaminan Pendidikan Daerah (JPD) dan Biaya Operasional Sekolah (BOS).

Kemudian meningkatkan kemampuan dan pendapatan masyarakat miskin melalui beberapa pelatihan keterampilan dan pemberdayaan ekonomi.

Lalu mengembangkan dan menjamin keberlanjutan UMKM melalui pembinaan yang dilakukan OPD terkait. “Keempat melalui sinergi kebijakan dan program secara bersama dengan semua unsur masyarakat termasuk pemberdayaan masyarakat bantaran sungai Winongo dan Code,” terangnya.

Ia meyakini melalui strategi tersebut dapat menumbuhkan mentalitas dan pola pikir masyarakat yang lebih maju agar lebih dapat mandiri."Mandiri disini tidak saja dalam arti ekonomi, tetapi juga sikap budaya dan perilakunya," pungkasnya. (KMP2)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kinerja TKPK Optimal, Pemegang KMS 2017 Berkurang"

Posting Komentar