Meriahnya Lomba Menyambut HUT ke-72 RI di Kodim Yogya



Yogya (KMP) – Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia selalui diiringi dengan berbagai perlombaan. Perlombaan untuk menyambut dan memeriahkan ini, tidak saja digelar oleh masyarakat umum melainkan juga instansi militer seperti kodim 0734/Yogyakarta.

Sabtu (12/8), Kodim Yogya menggelar beragam perlombaan bagi Prajurit dan Persit yang berlangsung di halaman Makodim. Berlangsung sejak pagi hari, perlombaan berlangsung sangat meriah. Bahkan beberapa jenis perlombaan seperti menggiring bola dengan terong oleh Persit, tak henti mengundang tawa.

Kemudian lomba balap karung yang tak kalah kocak. Untuk lomba ini, masing-masing peserta diharuskan mengenakan helm terlebih dahulu. Tak mau ketinggalan, Dandim 0734/Yogyakarta Letkol Rudi Firmansyah turut ambil bagian dalam lomba bersaing dengan para Danramil.


Lomba ini membuat yang hadir riuh manakala tak sedikit peserta yang harus berjibaku karena terjatuh dan terguling. Dalam lomba ini, tidak nampak lagi sosok perwira garang. Yang ada hanyalah keceriaan dan suasana kekeluargaan.

Lomba lain yang tak kalah heboh adalah tarik tambahng, lalu lomba bola voli yang mengombinasikan prajurit dan persit sebagai anggota tim yang bertanding. Satu-satunya lomba yang sedikit serius dalam rangkaian kegiaatan menyambut HUT ke-72 RI di Kodim Yogya hanyalah lomba kreasi tumpeng.

Letkol Rudi Firmansyah mengatakan, perlombaan digelar guna menumbuhkan semangat khususnya bagi internal Kodim. Berbagai perlombaan ini mengandung pesan penting bahwa kemerdekaan diraih tidak dengan mudah, sedangkan generasi beritnya hanya tidak meneruskan.


“Yang berikutnya setelah para pahlawan itu hanya meneruskan saja. Sehingga harus diisi dengan berbagai kegiatan yang baik. Tujuan lain adalah membangun keguyuban dan keharmonisan. Saaya ingin tekankan pada anggota bahwa dalam bekerja harus mengedepankan keguyuban dan keharmonisan,” katanya.

Dandim menjelaskan, perlombaan terdiri dari beberapa kategori dengan target peserta yang juga beragam mulai antar koramil hingga lomba yang menggabungkan keduanya. “Saya sengaja menyeting bagaimana peserta bisa bekerja dalam kelompok kecil, sedang, dan besar,” tegasnya.


Ia menambahkan, sebagai pimpinan ia tak lupa mengapresiasi kinerja bawahannya. Kinerja tersebut diapresiasikan dalm bentuk kegiatan. Kegiatan bersama, lanjut Dandim, sangat bagus buat satuan yang selama ini kebersamaannya dirasa sangat kurang.

“Bagus buat satuan-satuan. Selama ini kebersamaan kan sangat kurang, bertemu hanya setiap Senin atau saat jam komandan. Melalui kegiatan seperti ini bisa berkumpul bersama lebih intens,” pungkasnya. (KMP2)

Berikut Daftar Juara Lomba
Tarik Tambang :
-          Koramil 10/Wirobrajan & Koramil 09/Mantrijeron
-          Koramil 14/Gedongtengen & Koramil 13/Ngampilan
-          Makodim & Unit Intel Kodim 0734/Yka
Balap Karung : Koramil 02/Tegalrejo
Bola Voli :
-          Koramil 09/Mantrijeron
-          Koramil 03/Gondokusuman
-          Makodim 0734/Yka
Lomba Tumpeng :
-          Koramil 07/Umbulharjo
-          Koramil 10/Wirobrajan
-          Koramil 04/Danurejan
Panjat Pinang:
-          Serma Mukorobin dan 5 anggota
-          Pencabut bendera Merah Putih oleh Dandim 0734/Yka

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Meriahnya Lomba Menyambut HUT ke-72 RI di Kodim Yogya"

Posting Komentar