Pangdam Diponegoro Tutup TMMD Reguler Kodim Bantul


Bantul (KMP) –Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-99 Kodim 0729/Bantul resmi berakhir. Program ditutup langsung Panglima Kodam IV/Diponegoro Mayjen TNI Tatang Sulaiman, Rabu (2/8) pagi di Lapangan Selopamioro, Imogiri, Bantul.

Dalam amanatnya, Pangdam mengatakan, tahun ini merupakan tahun ke-3 di mana TMMD Reguler masuk dalam rencana strategis TNI AD. Keberhasilan TMMD Reguler tahun ini, ungkap Pangdam, akan menjadi titik tolak pelaksanaan program yang sama pada tahun berikutnya.

Perwira tinggi dengaan dua bintang di pundaknya ini menjelaskan, TMMD telah bergulir sejak 1980. Saat itu, TMMD masih bernama Abri Masuk Desa (AMD). Setelah 37 tahun, hasil evaluasi menunjukkan manfaat program ini dirasakan langsung oleh masyarakat.

Melalui TMMD pula, terbangun kebersamaan dan sinergitas yang positif antara TNI dan masyarakat. Kebersamaan dan sinergi positif ini mampu menyelesaikan permasalahan bangsa. Tak hanya itu, melalui program ini, pemerintan daerah turut terbantu terutama dalam hal pembangunan.

“TMMD sangat membantu pemerintah daerah. Sasaran utama dari program ini umumnya adalah pembukaan akses untuk daeraah-daerah yang masih terisolir. Sehingga memudahkan pemerintah daerah dalam proses percepatan pembangunan,” jelasnya.

Komandan Satgas TMMD Reguler ke-99 Kodim Bantul Letkol Inf Agus Widianto mengatakan, TMMD Reguler berlangsung mulai 4 Juli hingga 2 Agustus. TMMD telah menyelesaikan seluruh sasaran baik fisik maupun nonfisik.

Untuk sasaran fisik, TMMD Reg Kodim Bantul menyelesaikan pembukaan akses jalan sepanjang 2.043 meter menghubungkan Dusun Kajor dan Nawungan, Selopamioro, Imogiri. Kemudian, pembangunan jembatan ukuran 6x5 meter, pembangunan gorong-gorong di dua titik, penampungan air bersih dan pengecoran jalan.

“Ada juga rehab RTLH sebanyak 4 unit. Sasaraan nonfisiknya meliputi sosialisasi narkoba, terorisme, UU tenaga kerja dan lain-lain. Setiap hari ada 390 personela yang terlibat langsung dalam TMMD Reg,” tambahnya. (KMP2)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pangdam Diponegoro Tutup TMMD Reguler Kodim Bantul"

Posting Komentar