Pastron UAD Berhasil Abadikan Gerhana Bulan Parsial


Bantul (KMP) - Gerhana Bulan Parsial yang terjadi pada 7-8 Agustus 2017 dapat diamati di seluruh wilayah Indonesia. Gerhana bulan yang diawali dan diakhiri oleh gerhana bulan penumbra ini berhasil diabadikan oleh Pusat Studi Astronomi (Pastron) Universitas Ahmad Dahlan.

Menurut Kepala Pusat Studi Astronomi UAD Yudhiakto Pramudya PhD, gerhana bulan penumbra mulai terjadi pada Senin (7/8) pukul 22.50 WIB. Setelah lewat tengah malam, tepatnya Selasa (8/8) pukul 00.23 WIB, gerhana bulan parsial dapat mulai teramati.

"Bagian tepi bulan akan tampak mulai memerah. Dan pukul 01.20 WIB, puncak gerhana bulan parsial terjadi. Luasan yang berwarna merah pada permukaan bulan mencapai maksimalnya, namun tidak memerahkan semua permukaan bulan," ungkapnya.

Dikatakan Yudhi, Majelis Tarjih dan Tajdid (MTT) Pengurus Pusat Muhammadiyah memfatwakan, yang disunnahkan untuk salat sunah gerhana adalah selama fase gerhana bulan parsial dan gerhana bulan total. Hal ini tidak mencakup pada fase gerhana bulan penumbra. Untuk itu, MTT PP Muhammadiyah bekerja sama dengan takmir Masjid Ahmad Dahlan dan Pusat Studi Astronomi UAD mengadakan salat sunah gerhana mulai pukul 00.25 WIB sampai pada pukul 01.00 WIB.

"Untuk mencerahkan jamaah tentang sains tentang gerhana dan syariat salat gerhana, diadakan pula kajian diskusi ilmiah sebelum gerhana terjadi. Setelah mendapatkan pengetahuan pada diskusi ilmiah, baru jamaah diajak menunaikan salat gerhana dan mengobservasi kondisi bulan," paparnya.

Gerhana bulan parsial pada 7-8 Agustus 2017 ini merupakan pasangan dari seri gerhana di bulan Agustus 2017. Dua minggu setelahnya, atau bersamaan dengan awal bulan Dzulhijjah, gerhana matahari total akan dapat diamati di Amerika Serikat.

"Gerhana bulan dan gerhana matahari memang selalu terjadi berpasangan dengan selisih waktu sekitar 2 minggu. Fenomena astronomi seperti keduanya tidak hanya mencerahkan umat dalam bidang ilmiah, namun juga meningkatkan iman kepada Allah SWT," imbuh Yudhi. (KMP-7)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pastron UAD Berhasil Abadikan Gerhana Bulan Parsial"

Posting Komentar