Polda DIY Musnahkan Ribuan Obat Psikotropika


Sleman (KMP) – Yogyakarta masih menjadi pasar potensial narkoba. Dari semua jenis barang haram tersebut dijual di daerah ini. Banyaknya pelajar dan mahasiswa membuat para pengedar menjadikan Yogya sebagai sasaran utama.

Selasa (15/8) pagi, ribuan obat-obatan psikotropika hasil operasi dimusnahkan Kepolisian daerah (Polda) DIY bersama Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP). Psikotropika yang dimusnahkan meliputi sabu, ganja, ekstasi serta ratusan botol minuman keras.

Direktur Reserse Narkoba Polda DIY Kombes Pol Andrea Martinus mengatakan, barang-barang haram yang dimusnahkan adalah hasil operasi selama semester pertama tahun 2017. Dari Januari hingga Juni tahun ini untuk narkotika dari 107 kasus berhasil ditangkap 107 tersangka. Kemudian 36 kasus psikotropika dengan 41 tersangka serta 45 kasus bahan berbahaya lainnya dengan jumlah tersangka sebanyak 45 orang.

“Pada pemusnahan kali ini, untuk narkotika jenis ganja kami musnahkan 452,16 gram, 14 butir ekstasi dan 527,023 gram sabu. Kemudian psikotropika sebanyak 5.810,5 butir, dan bahan berbahaya lainnya seperti obat-obatan illegal sebanyak 15.245 butir dan 661 botol miras illegal berbagai merek,” katanya.

Martinus mengatakan, selama ini DIY hanya merupakan sebagai lokasi transit narkoba. Pasalnya, dengan banyaknya mahasiswa yang menempuh pendidikan di Kota Pelajar ini merupakan sasaran empuk dari para pengedar untuk memasarkan barang-barang haram tersebut.

“Dari penelusuran kami selama ini memang sulit mendapatkan bandar gede karena memang tidak ada. Apalagi yang kami dapatkan hanya dalam bentuk paket-paket hemat. Beda misalnya dengan Polda Metro Jaya yang bisa mendapatkan barang bukti dalam jumlah yang banyak bahkan sampai berton-ton. Yogya hanya sebagai lokasi transit,” jelasnya.

Kabid Berantas BNNP DIY AKBP Mujiyana mengamini pernyataan Martinus . Pamen polisi yang hobi ngetril ini bahkan menyebut bahwa peredaran narkoba di DIY banyak yang dikendalikan dari orang luar daerah.

“Yang mengendalikan orang dari luar. Mereka menyuruh orang di Yogya untuk mengedarkan dalam bentuk kecil-kecil. Ironisnya, narkoba di Yogya juga dikendalikan napi di Lapas Nusakambangan. Makanya saat ini kami lebih mengincar paket-paket besar yang baru akan masuk ke Yogya,” tegasnya. (KMP2/4)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Polda DIY Musnahkan Ribuan Obat Psikotropika"

Posting Komentar