PTKIN Dituntut Sediakan SDM Ekonomi Syariah Berkompeten


Sleman (KMP) - Tantangan dan peluang perkembangan industri keuangan dan perbankan syariah terus tumbuh cepat. Untuk itu, Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) harus mampu mengikutinya dengan menyediakan sumber daya manusia (SDM) ekonomi syariah berkompeten.

Hal ini disampaikan oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dalam acara peresmian nama baru gedung-gedung di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Selasa (8/8). Lukman Hakim menuturkan, sebagai negara berpenduduk muslim terbesar, Indonesia menjadi lahan subur bagi perkembangan perbankan syariah sebagai bagian dari sistem ekonomi syariah.

"Untuk itu, kita patut bersyukur, UIN Sunan Kalijaga mampu menjadi pelopor dalam perintisan akademik dan kelembagaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) di PTKIN. Apalagi kini menciptakan sistem keuangan syariah yang selara dan progresif untuk pertumbuhan ekonomi Indonesia menjadi pejuang sekaligus tantangan juga bagi PTKIN," ujarnya.

FEBI di UIN Sunan Kalijaga menurut Lukman Hakim, diharapkan mampu menjadi center of excellence dalam mengembangkan keilmuan ekonomi dan keuangan syariah. Baik dalam mencetak pemikir dan juga praktisi ekonomi syariah yang unggul.

"Untuk itu, pengembangan SDM, fasilitas yang memadai, penerapan prinsip-prinsip profesionalisme, tata kelola yang baik, leadership yang progresif-akomodatif, manajemen yang sehat, kerjasama dan kekompakan semua lapisan menjadi kunci sukses," imbuhnya.

Lukman Hakim menambahkan, dalam bidang keilmuan ekonomi syariah, selain perbankan syariah, keuangan syariah juga perlu dikembangkan agar kebermanfaatannya lebih luas dirasakan. Untuk itu lembaga pendidikan tinggi diharapkan dapat mengubah persepsi yang kurang tepat tentang ekonomi syariah.

"Tantangan kita selanjutnya ialah bagaimana membumikan gagasan membangun peradaban ekonomi syariah. Bagaimana pula mendidik mahasiswa agar memiliki mental entrepreneurship. Sehingga kekayaan alam Indonesia yang melimpah bisa benar-benar mendatangkan kemakmuran bagi warganya," paparnya. (KMP-7)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PTKIN Dituntut Sediakan SDM Ekonomi Syariah Berkompeten "

Posting Komentar